Ayo Kenali dan Cermati

Ayo Kenali dan Cermati
KPU Provinsi Sumatera Barat

26 July 2018

KPU Padang Tetapkan Mahyeldi - Hendri Septa Paslon Terpilih Walikota dan Wakil Walikota Padang 2019-2024


PADANG, (GemaMedianet.com) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang akhirnya menetapkan pasangan Mahyeldi-Hendri Septa sebagai Walikota dan Wakil Walikota Padang terpilih periode 2019-2024 pada Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Terpilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang 2018, yang dilangsungkan di Rocky Hotel Padang, Rabu (25/7/2018).

Penetapan pasangan calon terpilih yang diusung PAN dan PKS ini setelah mengungguli perolehan suara dari pasangan nomor urut 1, Emzalmi-Desri Ayunda besutan Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, Nasdem, PPP, PDI-P dan PKB pada Pilkada Padang yang digelar 27 Juni lalu.

Perolehan suara Mahyeldi-Hendri Septa sebanyak 212.156 atau 62,5 persen dari total suara sah. Sedangkan pasangan Emzalmi – Desri Ayunda meraih hanya 37,08 persen.

“KPU Kota Padang hari ini secara resmi menetapkan pasangan Mahyeldi-Hendri Septa sebagai Walikota dan Wakil Walikota Padang terpilih," terang Ketua KPU Kota Padang, Muhammad Sawati dalam rapat pleno yang berlangsung sejak pagi tersebut.


Ketua KPU yang juga didampingi para Komisioner KPU Ini juga menyebutkan, penetapan tersebut juga dilakukan setelah memastikan bahwa tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perolehan suara dari salah satu pasangan calon (paslon).

“Setelah dilakukan rekapitulasi perolehan suara pada rapat pleno sebelumnya, kemudian KPU menunggu apakah ada gugatan ke MK. Setelah diyakini tidak ada gugatan maka penetapan paslon terpilih segera dilaksanakan,” jelas M Sawati.

Menurutnya, gugatan ke MK terkait hasil pemilihan bisa dilakukan oleh pihak yang menggugat paling lama tiga hari kerja setelah hari penetapan hasil. Namun, sampai habis masa yang ditentukan ternyata tidak ada gugatan ke MK terkait hasil pilkada Kota Padang. Dengan demikian, maka KPU sudah bisa menetapkan paslon terpilih berdasarkan hasil perolehan suara,” tukasnya.

Dikesempatan itu M Sawati juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya Pilkada Kota Padang dengan baik tertib, aman dan lancar. Termasuk dukungan pihak media  yang telah berusaha menyampaikan informasi  tentang pelaksanaan pilkada  kepada masyarakat, sehingga bertambah pada meningkatnya partipartisi pemilih.

"Semoga pada saat Pileg dan Pilpres 2019 mendatang terdapat peningkatan jumlah partisipasi pemilih yang lebih baik lagi," harapnya pada press confrence setelah penutupan rapat pleno jelang siang. (em)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge