02 October 2017

Masyarakat Salingka Gunung Talang Kembali Turun ke Jalan, Tolak Proyek Geothermal



SOLOK, (GemaMedianet.com) — Tak juga menemukan titik terang. seribuan masyarakat Salingka Gunung Talang  kembali mendatangi kantor Bupati Solok, Sumatera Barat, Senin (2/10/2017) menolak pembangunan Proyek Panas Bumi (Geothermal).

Massa dalam aksinya juga membawa sejumlah spanduk dan pamflet yang menyatakan sikapnya menolak pembangunan Proyek Panas Bumi (Geothermal) yang direncanakan akan dibangun di Nagari Batu Bajangjang, Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok.

Sekaitan itu massa dalam orasinya juga mendesak untuk segera bertemu bertemu dengan Bupati Solok Gusmal meminta mencabut segala bentuk izin prinsip yang telah dikeluarkan melalui dinas terkait proyek energi panas bumi.

Menjawab tuntutan masyarakat, Bupati Solok mengatakan sangat memahami tuntutan yang disampaikan masyarakat. Hanya saja masyarakat juga perlu memahami bahwa hirarki pemerintahan membuat Pemerintah kabupaten Solok tidak mungkin menolak keputusan yang lebih tinggi.

“Kabupaten Solok hanya memfasilitasi keputusan pemerintahan yang lebih tinggi, dan bukan pemutus dan mengeluarkan izi. Jika ada yang mangatakan bupati yang mengeluarkan izin, itu keliru,” tegas Gusmal.

Aksi Sempat Ricuh

Aksi yang berlangsung di tengah terik matahari ini, awalnya berlangsung aman, damai dan tertib. Namun aksi itu seketika berubah seperti tak terkendali. Sebagian warga merangsek masuk ke komplek Kantor Bupati melalui gerbang utama depan simpang RSUD. Aksi saling dorong antara warga dengan aparat pun menjadi tak terelakkan.

Bahkan entah siapa yang mengomandoi, tiba-tiba saja ada oknum massa bertindak di dengan melemparkan batu. Massa yang sudah di luar kendali akhirnya ramai-ramai melempari bekas kantor sekretariat daerah yang sekarang menjadi kantor capem  Bank nagari dengan batu.

Hujan batu pun terjadi. Massa semakin nekat dan turun hingga ke taman yang ada tepat di depan kantor bupati. Bahkan, sebagian massa turun ke Jalan Lintas Sumatera dan memblokir jalan. (em/ndi)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge