Thursday, September 28, 2017

Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri Resmi Sandang Gelar DR HC



PADANG, (GemaMedinet.com) — Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri akhirnya resmi menyandang gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) dari Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat.

Penganugerahan gelar DR HC itu dilakukan dilakukan melalui rapat senat terbuka UNP yang dilangsungkan di Auditorium UNP, Rabu (27/9/2017). Rapat senat terbuka itu dihadiri ratusan mahasiswa dan civitas akademik UNP, serta tamu undangan.

Selain itu hadir mantan Wakil Presiden Boediono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kepala BIN Budi Gunawan, dan sejumlah pejabat teras utama kabinet kerja, serta mantan menteri lainnya.

Megawati saat membawakan pidato ilmiahnya, menyampaikan rasa terima kasih dan penghormatan yang tinggi kepada senat UNP atas keputusan memberikan gelar honoris causa kepada dirinya. “Meskipun ini gelar kelima yang saya dapatkan, tapi saya deg-degan juga. Terlebih lagi karena penghargaan kali ini didapatkan di bidang pendidikan, membuat saya berdebar seperti saya masih mahasiswa puluhan tahun silam,” ujar Megawati

Ia juga mengaku sangat antusias, bangga, dan bersyukur dengan gelar yang diberikan kepadanya tersebut. “Adalah sebuah kehormatan mendapatkan penghargaan di bidang pendidikan, tepatnya berkaitan dengan politik pendidikan,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, Politik dan pendidikan adalah dua hal tak terpisahkan. "UNP telah membuka keputusan akademis yang membuka cakrawala. Politik dan pendidikan adalah dua hal yang tidak mungkin bisa dipisahkan," terang Megawati.

Sebelumnya, ketua tim promotor, Prof.Syofiarman Marsidin menyebutkan alasan UNP memberikan gelar DR HC kepada Megawati Soekarnoputri, bahwa pada masa pemerintahan Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri, lahir satu karya yang fenomenal, dan membawa perubahan yang signifikan dan strategis terhadap sistem dan praktik pendidikan di Indonesia.

“Karya itu kita kenal dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” terangnya.

Seperti diketahui, Megawati sebelumnya menerima gelar honoris causa tahun 2001 dalam bidang hukum di Jepang, Tahun 2003, dalam bidang politik di Moskow. 2015, Megawati kembali menerima gelar yang sama dalam bidang politik di negara yang berbeda, Korea Selatan. Terakhir di 2016 honoris causa bidang politik dan ilmu pemerintahan di Universitas Padjadjaran. (em/dbs)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

Eksklusif

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge