14 April 2017

Pengurus FORIKAN Tanah Datar 2017-2021 Dikukuhkan, Tantangan Gemarikan Menanti


TANAH DATAR (GemaMedianet.com) – Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengukuhkan Kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Kabupaten Tanah Datar periode 2017-2021, Rabu (12/4/2017) di Indo Jolito Batusangkar. Terpilih Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi, sebagai Ketua Umum FORIKAN Kabupaten Tanah Datar dan Ny. Retri Zuldafri Darma sebagai wakil ketuanya.

Bupati Irdinansyah Tarmizi mengatakan, dengan telah dilantiknya kepengurusan baru FORIKAN Kabupaten Tanah Datar periode 2017-2021 ini, dapat meningkatkan lagi masyarakat gemar mengkonsumsi ikan. Pasalnya, Bupati sangat prihatin dengan tingkat konsumsi ikan masyarakat yang sangat rendah.

Selain itu, bupati menambahkan tingkat kecerdasan, tingkat kesehatan masyarakat Tanah Datar, sangat berpengaruh dengan memakan ikan. "Ikan banyak mengandung protein hewani, sangat berguna bagi pertumbuhan anak, terutama dari perkembangan otak," ujarIrdinansyah dalam sambutannya.

Ia juga mewajibkan semua dinas dalam setiap jamuan makan di setiap acara, harus ada menu ikan. "Saya mewajibkan kepada instansi terkait untuk mengadakan menu ikan dalam setiap acaranya," ujarnya.

Menurut bupati, forum itu dibentuk dalam rangka menjalin koordinasi, keterpaduan langkah dan tindakan dari seluruh instansi terkait baik di tingkat pusat maupun daerah. ”Forikan ini sekaligus berperan sebagai inspirator, kreator, motivator dan aktivator dalam rangka mewujudkan gerakan masyarakat gemar makan ikan (Gemarikan),” kata Irdinansyah Tarmizi.

Ia menyebutkan, langkah besar yang dilakukan Forikan adalah menginisiasi dan menginspirasi pencanangan Hari Ikan Nasional yang ditetapkan pada 21 Novem¬ber. Itu, kata dia, bertepatan de¬ngan hari perikanan dunia (WORLD FISHERIES DAY). “Khusus di Tanah Datar, kita juga ada hari ikannya yaitu ditetapkan setiap tanggal 12 April. Itu diperingati sebagai hari ikan di Tanah datar,” katanya.

Ny.Emi selaku Ketua Forikan menyebutkan, Forikan merupakan suatu forum untuk pencapaian peningkatan konsumsi ikan baik secara nasional maupun daerah. Untuk diketahui, tingkat konsumsi ikan nasional baru mencapai 43,88 kg per kapita per tahun. “Konsumsi makan ikan di Kabupaten Tanah Datar masih di bawah angka capaian provinsi Sumbar, ini merupakan tantangan bagi kita untuk lebih giat mensosialisasikan gemar makan ikan,” katanya.

Ia berharap, pengurus Forikan yang baru saja dilantik oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi itu dapat meningkatkan konsumsi ikan perkapita per tahun di tengah masyarakat di daerah itu. “Forikan harus lebih aktif berbuat. Organisasi Forikan, harus tumbuh dan mampu memacu konsumsi ikan di tengah masyarakat, lebih giat lagi melakukan sosialisasi Gemarikan ke tengah masyarakat. Agar tingkat konsumsi ikan di tengah masyarakat meningkat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, pontesi Kabupaten Tanah Datar, sebagai penghasil ikan sangat besar. Jika dilihat dari segi geografis, hampir setiap rumah di Kabupaten Tanah Datar, memiliki kolam ikan 'Tobek'. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan menebar bibit ikan kepada masyarakat. "Jika setiap masyarakat memelihara ikan di kolamnya, saya rasa kelangkaan ikan terutama ikan jenis Nila, bisa ditutupi oleh Kabupaten Tanah Datar," ujarnya Ny. Emi.

Konsumsi Ikan Masih Rendah

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Yulfiardi dalam laporannya menyebutkan, tujuan pengukuhan Forikan Tanah Datar adalah untuk meningkatkan konsumsi makan ikan bagi warga Tanah Datar yang menurutnya masih rendah. “Untuk itu FORIKAN dikukuhkan dengan harapan menjadi gerbong penggerak dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan Nasional dan menjadi ujung tombak Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, sehingga tercapai tujuan meningkatkan kualitas generasi bangsa,” sebutnya.

Mereka yang dilantik di hadapan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Sumatera Barat dr.Desmiarti, Forkompida Tanah Datar yakni Ketua Umum Ny.Emi Irdinansyah Tarmizi ,Wakil Ketum Ny Retri Zuldafri Darma, Ketua Harian Ny.Yes Hardiman, Sekretaris Ir.Hilmi dan Wakil Sekretaris Cipta Prasad dan pengurus lainnya.

Dalam pelantikan dan pengukuhan tersebut juga diisi dengan penanda-tanganan perjanjian antara Ketua Umum dan Wakil Ketua FORIKAN Kabupaten Tanah Datar, dengan empat instansi kedinasan yang ada di Batusangkar yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PMDPPKB serta Dinas Sosial. (hms)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge