Monday, January 16, 2017

Pendidikan Kepramukaan Proses Pembentukan Kepribadian



PADANG, (GMn)Pendidikan Kepramukaan mempunyai peran penting dalam pendidikan karakter bangsa, terutama kaum muda sebagaimana tertuang dalam Satya dan Dharma Pramuka. Pendidikan Kepramukaan dapat membangun semangat patriotisme serta menumbuh kembangkan jati diri Indonesia yang berbudaya luhur.

Demikian disampaikan Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah, Sp pada pembukaan kegiatan kusus mahir lanjut (KML) Kwartir cabang gerakan Pramuka Kota Padang di Palanta Kediaman Walikota, Sabtu (14/1/2017). 

Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Kegiatan kursus mahir lanjutan adalah kegiatan pembinaan golongan, siaga, penggalangan, penegak, serta pengetahuan Kepramukaan. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan,dan Kemetrian Agama Kota Padang.

Gerakan Pramuka satu-satunya wadah pendidikan luar sekolah yang diatur UU No 12 tahun 2010, dan sebagai organisasi gerakan pramuka memiliki AD ART yang telah diamandemenkan sesuai UU Pramuka. Oleh karena itu tugas dan fungsi Gerakan Pramuka menjadi lebih berat lagi, kaum muda sebagai tunas bangsa, serta melngkapi pendidikan sekolah dan pendidikan keluarga. 

"Tujuannya agar mereka menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab," ucap Mahyeldi.

Peserta kegiatan kursus mahir lanjut (KML) bagi pembinan Gugus depan, guru pembina 11 Kecamatan 120 orang yang terdiri dari 40 orang pembina siaga, 40 orang pembina penggalang dan 40 orang pembina penegak.

Lama kegiatan enam hari, dari 14-19 Januari 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Lemdadika Padang Besi. Setelah selesai mengikuti kursus mahir lanjutan diwajibkan kepada peserta untuk mengabdikan diri sebagai pembina pramuka minimal 9 bulan di gugus depan masing-masing. Setelah itu baru bisa dikukuhkan sebagai pembina mahir, (tf/ir)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

Eksklusif

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge