12 Januari 2017

Kukuhkan Sekdaprov, Ini Tiga Pesan Penting Gubernur Sumbar




PADANG, (GMn) Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan tiga hal penting dalam sambutannya usai mengukuhkan Dr. H. Ali Asmar, M.Pd sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat di Auditorium Gubernuran, Rabu (11/1/2017).

Gubernur berpesan agar seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera merampungkan SK Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) sesuai dengan Nomenklatur, Tugas, dan Fungsi OPD Sumbar yang baru berdasarkan Perda Sumbar No. 68 Tahun 2016.

"Kami ingatkan bapak dan ibu segera membuat SK PPTK, karena dialah (PPTK) nantinya yang menjadi ujung tombak pencairan anggaran dan pelaksanaan program dan kegiatan yang telah direncanakan," ujar gubernur.

Terkait hal ini, gubernur mengingatkan, agar penunjukan PPTK dilakukan secara cermat dan teliti dengan menjadikan kompetensi, integritas, dan riwayat kerja individu terkait sebagai parameter utama. Gubernur juga menekankan pentingnya mempertimbangkan beban kerja OPD guna menciptakan efisiensi dan hasil kerja yang maksimal.

"Awal permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan dan program adalah PPTK. Oleh karena itu, pesan saya, tunjuk yang punya kompetensi, punya integritas, teruji, tidak mencla-mencle, dan terbukti tidak pernah melakukan penyimpangan walaupun sedikit. Kalau ada track-record yang tidak baik, jangan berikan amanah kepada yang bersangkutan. Memang PPTK bukan jabatan struktural, namun ditangannya uang ratusan bahkan miliaran rupiah dipercayakan. Oleh karena itu, jangan salah memilih. Kalau salah, bapak/ibu juga akan diberikan sanksi," kata gubernur.

Selanjutnya, Gubernur menginstruksikan penyegeraan penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) seluruh kegiatan sesuai dengan Nomenklatur OPD yang baru. Ketiga, Gubernur menjelaskan bahwa SK PPTK dan SOP dari masing-masing OPD dan segala proses administrasinya harus telah rampung sebelum akhir Januari 2017 sehingga seluruh Pemerintah Provinsi Sumbar dapat langsung bekerja dan memulai kegiatan sedini mungkin. 

“Sebelum akhir Januari, semua Kepala OPD harus siapkan SOP semua kegiatan sesuai nomenklatur OPD yang baru. Kami memang ingin selesaikan segala prosesnya di Januari sehingga bisa langsung menjalankan norma OPD yang baru," tegas Irwan.

Menutup sambutannya, Gubernur secara khusus berpesan kepada Drs. H. Ali Asmar, M.Pd agar fokus menghadapi tantangan yang menanti di depan.

"Fokus pada pekerjaan, karena tantangan ke depan semakin berat. Jangan sampai salah/khilaf oleh pekerjaan-pekerjaan yang tidak benar. Kalau ada titipan-titipan, elok dihindarkan. Teliti surat sebelum tandatangan. Jangan sampai salah," pungkas gubernur memberikan wejangan.

Rangkaian acara Pengukuhan Pejabat Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat ini ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada Sekda dimulai dari Gubernur, Wagub, Anggota Forkopimda, Sekda Kab/Kota, Pejabat Eselon II Pemprov, dan hadirin undangan lainnya. (kominfo/tim e-gov)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan