17 August 2018

Padang Peringati HUT RI ke 73, Gemakan Untuk Indonesia Yang Lebih Baik


PADANG, (GemaMedianet.com) - Dalam
memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73, Pemerintah Kota Padang bersama seluruh elemen di kota tersebut menggelar Upacara Bendera di Lapangan Imam Bonjol Padang, Jumat (17/8/2018) pagi.

Upacara yang dipimpin Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah itu dihadiri Wakil Walikota Padang, Emzalmi, Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti, Unsur Forkopimda Plus dan para pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang. Tokoh Masyarakat, Veteran RI dan keluarga para pahlawan serta Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan Pengurus Ormas/LSM/OKP se-Kota Padang juga ikut meramaikan kegiatan peringatan hari lahirnya bangsa Indonesia itu.

Walikota Padang dalam pidatonya menyampaikan beberapa hal, diantaranya bahwa HUT Kemerdekaan RI yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus adalah hasil perjuangan anak bangsa, para pahlawan dan seluruh elemen masyarakat dalam mengusir kaum penjajah dari Bumi Indonesia kala itu.

“Perjuangan itu tidaklah mudah, melainkan melalui perjuangan yang sangat panjang dan melelahkan. Entah berapa banyak harta benda yang melayang dan itu pun tidak terhitung nyawa yang hilang gugur di medan perang. Begitu berat perjuangan mereka merebut kemerdekaan bangsa ini,” terangnya.

Ia melanjutkan, Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945, bukanlah akhir dari perjuangan bangsa ini. Akan tetapi merupakan awal untuk mewujudkan cita-cita pejuang bangsa sesuai dengan amanat pembukaan Undang Undang Dasar 1945 yang berbunyi “mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur”.

“Oleh karena itu, pada momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini terdapat dua tema sekaligus yang diusung, yaitu energi dan kerja. Dan pada hari ini kita semua di Kota Padang memperingati dan merayakannya dengan memaknai semangat persatuan dan kesatuan untuk Indonesia yang lebih baik lagi,” tuturnya dalam kegiatan yang juga dihadiri mantan Walikota Padang Zuiyen Rais dan Fauzi Bahar itu.

Walikota Mahyeldi menjelaskan, kata kerja memiliki arti pergerakan/aktif. Sedangkan kata energi memiliki arti tenaga atau daya untuk bekerja. Kedua kata tersebut merupakan suatu kesatuan yang saling melengkapi satu sama lain. Artinya, dalam bekerja selalu diperlukan energi agar pekerjaan dapat dilakukan dengan maksimal. Tema energi ini diambil dari tema Asian Games XVIII tahun 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, yaitu “The Energy of Asia”. Sementara tema “kerja” merupakan gambaran kinerja pemerintah selama empat tahun ini yang telah bekerja untuk perubahan Indonesia yang lebih baik.

“Dengan tema ini diharapkan mampu membangkitkan semangat kepada masyarakat dalam bekerja membangun Indonesia menjadi lebih baik serta memberikan semangat dalam menampilkan Indonesia sebagai tuan rumah yang baik bagi peserta Asian Games XVIII,” tukasnya.

Pemberian Penghargaan dan Ziarah

Pada upacara tersebut juga diselingi dengan pemberian penghargaan Satya Lencana kepada sejumlah PNS Pemko Padang yang telah mengabdi selama beberapa tahun. Yakni, Asisten Pemerintahan Pemko Padang, Vidal Triza yang telah mengabdi selama 30 tahun, kemudian Haminah yang merupakan kepala sekolah SD 38 Seberang Padang yang telah mengabdi selama 20 tahun.

Selain itu penghargaan juga diserahkan kepada perawat pertama RSUD dr. Rasyidin, Misnila yang telah mengabdi selama 10 tahun. Kegiatan pun dilanjutkan dengan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Pauh dan Kuranji. (timhumas)

0 komentar:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge