27 March 2018

Pjs Walikota Padang : Gerakan PKK Lewat 10 Program Pokoknya Sudah Dirasakan


PADANG (GemaMedianet.com) —  Pjs Walikota Padang mencanangkan Bulan Bakti Kelompok Dasawisma tingkat Kota Padang tahun 2018, Kamis (22/3/2018) di halaman Kantor Kecamatan Padang Utara.

Pjs Walikota dikesempatan itu diwakili Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Afrizal Khaidir mencanangkan kegiatan yang diikuti para kader TP-PKK dari 11 kecamatan dan Kelompok Dasawisma tingkat kelurahan se-Kota Padang itu.

Pjs Walikota menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang menyambut baik kegiatan ini dalam mewujudkan keluarga sejahtera melalui penguatan Kelompok Dasawisma di Kota Padang. "Sebagaimana Bulan Bakti Kelompok Dasawisma salah satu terobosan dan upaya TP-PKK Kota Padang untuk percepatan pelaksanaan 10 program pokok PKK," ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan gerakan PKK dengan 10 program pokoknya sudah dirasakan manfaaatnya oleh masyarakat, selaku mitra pemerintah dalam usaha mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sementara, dalam menjalankan program PKK tersebut, Dasawisma merupakan salah satu pelaksana dalam menggerakan program PKK tingkat paling bawah (tingkat kelurahan), dan dapat menyentuh kepada masyarakat dalam meningkatkan pendidikan, kesehatan dan ekonomi di lingkungan masyarakat.

"Kepada para kader kami mengajak dan mengimbau agar senantiasa mengembangkan daya kreativitas dan mampu menciptakan sebuah inovasi. Termasuk membangun jaringan dan kemitraan dengan berbagai pihak, agar upaya revitalisasi dasawisma yang lebih baik dapat terwujud," harapnya.

Dengan dicanangkannya Bulan Bhakti Dasawisma tingkat Kota Padang tahun 2018, Afrizal berharap Kelompok Dasawisma di Kota Padang dapat meningkatkan semangat gotong-royong dari para anggota Kelompok Dasawisma. Hal ini ditujukan menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, serta ikut berpatisipasi satu bulan penuh kedepan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang Ny. Erlinda Alwis menjelaskan Kelompok Dasawisma merupakan salah satu wahana peran serta masyarakat dalam menggiatkan kegiatan PKK. Melalui pencanangan Bulan Bakti Kelompok Dasawisma tersebut ia berharap, TP PKK Kecamatan agar segera melakukan pencanangan yang sama di tingkat kecamatan.

“Sehingga dalam Bulan Bakti Dasawisma satu bulan penuh ini, betul-betul bisa dilakukan pembinaan terpadu secara berjenjang dalam rangka menggerakkan Kelompok Dasawisma untuk lebih optimal,” imbuh istri Pjs Walikota Padang itu.

Disebutkannya, pada saat ini jumlah kelompok dasawisma di Kota Padang sebanyak 6.984 kelompok yang tersebar di 11 kecamatan, dengan klasifikasi tingkat perkembangan 5.233 tumbuh, 1401 berkembang dan 348 maju.

“Kelompok Dasawisma paling banyak berada di wilayah Kecamatan Koto Tangah sebanyak 1.186 kelompok dan kelompok paling sedikit di wilayah Kecamatan Bungus dengan jumlah 204 kelompok,” katanya.

Tambahnya lagi, adapun tujuan pelaksanaan Bulan bakti Kelompok Dasawisma antara lain, meningkatkan kemauan dan kemampuan ketua kelompok Dasawisma dalam pancatatan, pelaporan, pembinaan dan penggerakan warga untuk melaksanakan 10 program pokok PKK. Selanjutnya meningkatkan motivasi dan semangat kerja para kader PKK dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan menumbuhkan swadaya dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK.

“Kegiatan Bulan Bakti Dasawisma dipusatkan di setiap kelompok Dasawisma dengan pelaksanaan 10 program pokok PKK yang dikoordinir oleh sekretariat dan Kelompok Kerja (Pokja) I, II, III, IV dengan jadwal kegiatan yang telah ditentukan. Kami berharap dalam kegiatan bulan bakti ini, klasifikasi Dasawisma tersebut bisa meningkat dari tumbuh menjadi berkembang dan dari berkembang meningkat menjadi Maju. Apabila hal ini dapat dilakukan, kami yakin tertib administrasi kelompok dasawisma, termasuk PKK bisa terwujud," tutupnya.

Pencanangan Bulan Bakti Kelompok Dasawisma di tingkat Kota Padang tahun 2018 terlihat berlangsung meriah dengan ditandai pemukulan gong dan pelepasan balon oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Afrizal bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Heryanto Rustam dan Camat Padang Utara Editiawarman.  David/Nkn)

0 komentar:

Post a Comment

KPU

KPU

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge