22 Desember 2017

Binjai Terima Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia



BINJAI, (GemaMedianet.com) — Kota Binjai, satu dari 15 kota terbaik di Indonesia yang masuk dalam kategori utama Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017. Penghargaan ini tentunya sangat membanggakan bagi pemerintah kota dan masyarakat Kota Binjai. Mengingat Binjai berhasil meraih peringkat dua tingkat nasional, setelah Kota Denpasar untuk kategori kota sedang.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Walikota Binjai, HM Idaham belum lama ini dalam acara Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2017) pagi.

“Kita patut bangga karena Binjai masuk dalam peringkat dua tingkat nasional dan menjadi satu –satunya wakil dari Sumatera Utara,” kata Walikota HM Idaham.

Walikota HM Idaham menegaskan, penghargaan RKCI membuktikan bahwa Pemko Binjai sangat serius mewujudkan smart city. Hanya dalam hitungan waktu setahun Kota Binjai telah memiliki belasan aplikasi berbasis teknologi informasi. Tujuannya agar masyarakat bisa hidup nyaman, bahagia dan sejahtera yang berkelanjutan.

Ia juga mengatakan, upaya mewujudkan Binjai smart city sejalan dengan membangun masyarakat Binjai yang cerdas, yang cirinya antara lain masyarakat yang disiplin.

RKCI digelar oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), adalah hasil tindak lanjut dari rangkaian kegiatan survei dan kajian kesiapan kota cerdas terhadap 93 kota di seluruh Indonesia yang telah dibuka Wapres di tempat yang sama pada 4 Mei 2017.

Ke- 15 Kota yang mendapat penghargaan yaitu untuk kategori Kota Besar diterima oleh Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, Tangerang Selatan. Kemudian Kota Sedang, yakni Denpasar, Binjai, Manado, Yogyakarta, Kediri. Sedangkan Kota Kecil, yakni Magelang, Sawahlunto, Bontang, Tual, dan Bukittinggi.

RKCI merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi Kota Cerdas berdasarkan potensi dan karakternya masing-masing. Kegiatan pemetaan ini merupakan kegiatan 2 tahunan dan dimulai pertama kali pada tahun 2015. (rel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan