26 November 2017

Mandeh Raih Juara I Most Popular Hidden Paradise 2017


JAKARTA, (GemaMedianet.com) — Kabupaten Pesisir Selatan dengan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, berhasil keluar sebagai juara I pada Anugerah Pesona Indonesia (API) II tahun 2017, di Studio Metro TV Jakarta, Sabtu (25/11/2017). 

Penghargaan yang diberikan merupakan program Kementerian Pariwisata RI bekerjasama dengan laman www.ayojalanjalan.com guna memberikan penghargaan pada kawasan pariwisata di Indonesia.

KWBT Mandeh keluar sebagai juara setelah mengungguli sembilan nominator lain, pada Kategori 1 Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise), penghargaan tersebut terdiri 15 kategori.

Kesembilan objek wisata yang berhasil dikalahkan Mandeh, yakni Air Terjun Tumpak Sewu Kab. Lumajang. Desa Wisata Bantaragung Kab. Majalengka, Wanawisata Budaya Mataram Kab. Bantul, Pulau Nikoi Kab. Bintan, Pulau Dodola Kab. Pulau Morotai, Pulau Kodingareng Keke Kota Makassar, Pulau Saponda Kab. Konawe, Riam Merasap Kab. Bengkayang, dan Teluk Saleh Kab. Sumbawa.

Ketua penyelenggara, Nanda Satria Azwar mengatakan, Anugerah Pesona Indonesia (API) ini merupakan kali kedua dilaksanakan,  bertujuan untuk meningkatkan industri pariwisata yang masih banyak ruang untuk dikembangkan. Menurutnya, Indonesia banyak memiliki objek wisata yang harus dikembangkan, dengan jumlah Wisman terpesat tahun 2017 di Asean, mengalahkan Thailand dan Singapura. 

“Selama bulan Juni sampai Oktober 2017, terdapat 4,5 juta tautan, lebih 32 ribu berita di media online, lima juta share pada Medsos,“ katanya. 

Bupati Pessel Hendrajoni di kesempatan itu juga mengucapkan terimakasih pada Kementerian Pariwisata, Kominfo sekaligus memberikan Website gratis pada Pemkab yang masuk Nominasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. "Keberhasilan ini adalah keinginan besar dari masyarakat Pesisir Selatan, terbukti dengan vote yang diberikan," ujar Hendrajoni. 

Sebagai salah satu kawasan Destinasi wisata Nasional, kita berharap agar gaungnya Mandeh dapat berimplikasi terhadap kehadiran Wisman dan Wisnus serta berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Bupati Hendrajoni yang didampingi oleh Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Yunasri mengatakan pihaknya akan terus mempromosikan Mandeh, karena dengan meraih penghargaan tentu menjadi tantangan untuk pemda, dalam berinovasi untuk bagaimana ke depan Mandeh semakin tercelak.

Senada, Ketua TP.PKK Lisda Hendrajoni juga menyampaikan terima kasih atas vote yang diberikan oleh seluruh masyarakat Pesisir Selatan. “Ini kebanggaan kita bersama,” ujarnya.

Sementara itu Kemenpar Arief Yahya, diwakili Sekretaris Kemenpar Ukus Kuswara, Pemerintah Indonesia menetapkan bahwa Pariwisata merupakan sektor yang harus dikembangkan untuk target 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019-2020 yang akan datang.

"Anugerah Pesona Indonesia (API) yang kedua ini adalah kegiatan tahunan, dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Sekaligus bertujuan mendorong peran serta masyarakat dan Pemerintah dalam mempromosikan daerahnya," ujarnya.

Masyarakat memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terbaik atau pun terpopuler menurut pendapat mereka, agar daerah lebih semangat untuk mengembangkan pariwisata. (don/spm)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan