15 October 2017

'Mambantai Kabau Nan Gadang' Ritual Budaya di Solsel



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Ratusan masyarakat dan undangan tumpah ruah di lapangan Bancah, Nagari Koto Baru, Solok Selatan (Solsel). Tepatnya di kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) menyaksikan pelaksanaan kegiatan "Mambantai Kabau nan Gadang", Minggu (15/10/2017).

Tradisi turun temurun yang sangat unik ini diperkirakan sudah berusia ratusan tahun ini dilaksanakan secara gotong-royong sebagai simbol kesepakatan turun ke sawah serta doa bersama agar pertanian dapat berjalan dengan baik dan dijauhkan dari segala hama penyakit nantinya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solsel, Yulian Efi, yang bergabung dengan masyarakat pada kegiatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini perlu terus dilestarikan dan bisa dikembangkan di tahun mendatang. "Apalagi tradisi ini dilakukan di kawasan SRG yang semakin dikenal oleh banyak wisatawan," terangnya.

Pemerintah Daerah pun siap untuk mendukung kegiatan seperti ini, imbuhnya untuk menjadi iven budaya dan juga pariwisata yang dikemas semenarik mungkin. "Supaya semakin menarik orang untuk datang ke SRG ini," ungkap Sekda yang didampingi Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata, Bujang Basri.

Wakil Ketua DPRD Solsel, Armen Syahjohan yang hadir bersama Anggota DPRD, Betri Kelana, sama-sama mendukung agar iven ini bisa menjadi bagian dari kalender tahunan pariwisata nantinya. "Momen yang juga bertujuan untuk menyatukan masyarakat dalam rangka turun ke sawah ini, diharapkan juga dapat menjadi kalender tahunan wisata nantinya. Dan kita di DPRD siap untuk mendukung itu," jelas Armen Syahjohan. (hms/fys)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge