31 October 2017

Ciptakan Ketahanan Pangan di Solsel, Wabup Bantu Penyebaran Bibit Ikan Lele



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Dalam rangka menciptakan ketahanan pangan di Solok Selatan (Solsel), sedikitnya 100 ribu bibit ikan kembali disebar pada 9 kelompok pembudidaya ikan di lima kecamatan. Ditargetkan sepanjang tahun 2017 telah tersebar sebanyak 2 juta ekor bibit ikan dari berbagai jenis itu.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman saat membantu penyebaran bibit ikan itu di wilayah Kecamatan Sangir, Senin (30/10/2017).

Wabup menyebutkan, kelima kecamatan itu diantaranya Kecamatan Sangir untuk 1 kelompok pembudidaya ikan dengan jenis Ikan Lele. Selanjutnya di Kecamatan Sangir Jujuan (SJJ) dan Sangir Balai Janggo (SBJ) disebar pada 4 kelompok pembudidaya ikan untuk jenis Ikan Nila. Sedangkan di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) dan Kecamatan Pauh Duo disebar bibit Ikan Mas untuk 4 kelompok pembudidaya ikan.

"100 ribu bibit yang disebar untuk mengejar target 2 juta ekor dalam rangka menciptakan ketahanan pangan di Solsel, terutama dalam meningkatkan konsumsi makan ikan. Dari sebelumnya 20,3 Kg yang sudah dicapai tahun lalu menjadi 23 hingga 24 Kg per kapita per tahun target," terangnya.

Menurutnya, ke depan masyarakat juga akan diberikan fasilitas pengasapan ikan. Sehingga setelah masuk masa panen, penjualan hasilnya menjadi lebih beragam atau tidak terfokus pada ikan mentah saja.

"Meski demkian tentu kelompok pembudidaya akan diberikan pembelajaran lebih dulu tentang tata cara melakukan pengasapan,” ulasnya.

Wabup berharap, dalam mendukung target yang telah ditetapkan, kelompok masyarakat atau organisasi sosial yang ada di Solsel, agar mengajukan permohonan kepada dinas terkait untuk mendapatkan bantuan serupa," tukasnya.

Kepala Bidang Perikanan DKPP Solsel, Yani Suryani menambahkan, 100 ribu bibit ikan yang disebar pada 9 kelompok pembudidaya ikan di lima kecamatan di Solsel tersebut terdiri dari tiga jenis, yakni ikan lele, ikan mas dan ikan nila.

"Untuk bibit Ikan nila disebar sebanyak 40 ribu, ikan mas 40 ribu dan ikan lele sebanyak 20 ribu ekor," terangnya.

Sementara untuk ikan lele yang disebar pada Kecamatan Sangir bagi 1 kelompok pembudidaya ikan, sebutnya, selain bibit ikan juga disalurkan pakan benih sebanyak 200 kg dan pakan ikan sebanyak 3.500 kg. (fys) 

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge