07 September 2017

TP PKK Solsel Bekali Ketua Kelompok Dasawisma Tiap Nagari

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Berbagai program kreatif, serta inovatif terus digulirkan Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Solok Selatan yang diketuai Ny. Hj. Suriati Muzni, bagi para pengurus di setiap tingkatan di kabupaten yang berjuluk Nagari Seribu Rumah Gadang ini.

Salah satunya melalui kelompok dasawisma, TP-PKK Solsel, mengawali pembekalan ketua kelompoknya untuk menjadikan dasawisma di setiap jorong yang ada di nagari mampu membangun keluarganya secara bersama-sama dalam satu kelompok yang beranggotakan 10-20 rumah dalam satu ke jorongan dalam nagari.

“Dengan bergabung dalam kelompok dasa wisma, setiap keluarga anggota kelompok dasawisma akan memperoleh banyak sekali manfaat, mulai dari pembangunan kesehatan, ekonomi dan berbagai kegiatan lain untuk membangun kesejahteraan keluarga,” kata Sekretaris TP PKK Solok Selatan Afrizal Amir usai membacakan sambutan Ketua TP PKK Solok Selatan Hj. Suriati Muzni pada acara pelatihan kelompok dasawisma tingkat kabupaten di Kecamatan KPGD , Selasa (5/9/2017)

Kegiatan pelatihan yang akan dilakukan secara rood show oleh TP PKK Solsel kesetiap kecamatan Solok Selatan itu, diawali pembukaannya secara resmi di Kecamatan KPGD, dan dilanjutkan Sungai Pagu siang harinya.

"Pembekalan untuk ketua kelompok dasawisma ini, merupakan lanjutan dari kegiatan yang sama pada tahun lalu. Namun karena adanya perubahaan pengisian belangko data warga sesuai dengan Rakernas VIII tahun 2015, terutama bagian yang akan diisi oleh kelompok dasawisma, maka pelatihan ini kembali menjadi perhatian serius bidang program Sekretariat PKK Solok Selatan, kata Afrizal Amir.

Menurut Ketua TP PKK Solsel sebagaimana dikatakan Afrizal Amir, bahwa akhir dari kegiatan ini, kelompok dasawisma akan dapat melakukan upaya peningkatan kesehatan keluarga. Selain itu dapat juga membentu kelompok arisan PKK, gotong royong, hingga kegiatan mendaur ulang sampah menjadi kerajinan unik yang bermanfaat bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Terutama untuk memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Dasa wisma merupakan ujung tombak pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dengan pemerintah sebagai mitranya,” tukuk Afrizal 

Dengan adanya kelompok dasa wisma dapat membantu pemerintah dalam pendataan keluarga diantaranya pendataan jumlah ibu hamil, jumlah bayi yang baru lahir maupun balita dan anak-anak yang menderita kekurangan gizi. Selain itu, kelompok dasa wisma juga akan melakukan pendataan kondisi rumah warga, kegiatan warga serta kondisi lainnya yang terjadi dilingkungan warga dalam kelompok dasawisma.

Pelatihan kelompok dasawisma TP PKK Solok Selatan tahun 2017 ini dilaksanakan di setiap kecamatan dengan jumlah sasaran masing-masing sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari Ketua Kelompok Dasawisma dari setiap nagari dalam kecamatan. (fys) 

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge