28 September 2017

Sambut Kedatangan Jemaah Haji 2017, Ini Pesan Bupati Solsel



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Jemaah Haji Solok Selatan agar menjadi teladan dan motor penggerak kehidupan beragama yang baik di sekitar tempat tinggal. Hal itu disampaikan Bupati Solok Selatan (Solsel) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Yulian Efi saat menyambut kedatangan Jemaah Haji Solsel tahun 2017 di Aula Sarantau Sasurambi, Kamis (28/9/2017).

Bupati juga menyampaikan, seorang haji yang mabrur harus ada dampak tercermin dari diri sebagai seorang muslim, sehingga berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, dan menjadi contoh serta tauladan dalam kehidupan beragama.

Di sisi lain, bupati berharap agar jemaah haji dapat mendukung program-program pemerintah daerah untuk mewujudkan Solok Selatan yang sejahtera dan religius, diantaranya pembangunan Masjid Agung Solok Selatan, yang insyaallah akan mulai dibangun tahun ini. “Kami berharap kita bersama-sama mendukung program ini, mulai meramaikan masjid disekitar kita dengan sholat lima waktu di masjid,” ungkapnya.

Sementara Kepala Kementerian Agama Kabupaten Solok Selatan, Syahrul, menyampaikan kepada jemaah haji dan seluruh masyarakat solok selatan yang ingin melaksanakan ibadah haji atau umrah agar berhati-hati dalam memilih travel umrah dan haji.

Tak lupa, ia juga mengingatkan bagi masyarakat solok selatan yang akan melaksanakan umrah harus memiliki surat rekomendasi dari kemenag, itu bertujuan untuk memastikan bahwa travel yang digunakan untuk umrah tersebut terdaftar di Kementerian Agama atau tidak.

“Apabila tidak ada rekomendasi dari Kemenag untuk melaksanakan ibadah umrah, maka nanti akan bermasalah di pemeriksaan keimigrasian, karena salah satu sayaratnya bisa lolos pada pemeriksaan imigrasi adalah harus ada rekomendasi dari kemenag,” tuturnya.

Di sisi lain, ia mengatakan saat ini daftar tunggu keberangkatan haji di solok selatan mencapai 15 tahun dengan jumlah orang yang telah mendaftar sebanyak 666 orang. “Jadi apabila mendaftar sekarang di tahun 2017 ini, berkemungkinan bisa berangkat haji pada tahun 2033,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2018 diperikirakan jemaah calon haji solok selatan yang berangkat melaksanakan ibadah haji berjumlah 45 orang.

Sementara itu, salah seorang jemaah haji Solsel Yonefriken menceritakan perjalanannya selama 40 hari melaksanaan ibadah haji, dimulai dari tanggal 6 Agustus keberangkatan dari Solok Selatan menuju asrama Embarkasi Padang, kemudian tanggal 7 Agustus baru berangkat langsung ke Madinah,

Setiba di Madinah, lanjutnya, rombongan jemaah haji solsel langsung melaksanaka ibadah sholat arbain, yaitu sholat sebanyak 40 waktu berjemaah di masjid nabi. “Alhamdulillah, semua rangkaian ibadah haji dapat kami laksanakan dengan baik walaupun dengan cuaca yang sangat panas, dengan suhu 46 derajat,” tuturnya.

Setelah delapan hari, rombongan bertolak ke mekah melaksanakan umrah wajib, serta wukuf di padang Arafah. “Di situ kami merasakan bagaimana berserah diri, zikir dan doa kepada Allah,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung dan memfasilitasi rangkaian pelaksannan keberangkatan, serta penyambutan jemaah haji Solok Selatan hingaa berjalan sukses dan lancar. (fys/rls)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge