27 July 2017

Tingkatkan Produksi Pangan, Kelompok Tani di Solsel Terima Bantuan Alsintan

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Sektor pertanian yang menjadi penopang utama perekonomian di Kabupaten Solok Selatan terus mendapatkan perhatian serius dari Pemda setempat. Melalui Dinas Pertanian Solok Selatan, para kelompok tani kembali diberikan bantuan Peralatan Mesin Pertanian (Alsintan) guna meningkatkan produksi dan mencapai swasembada pangan. 

Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan, Tri Handoyo Gunardi mengatakan, Pemda Solok Selatan (Solsel) sedikitnya membagikan 25 unit handtractor yang difasilitasi oleh Anggota DPR RI Komisi IV, Hermanto. 

Selain itu, sebut Tri, akan menyusul bantuan 6 unit corn seller atau Mesin Pemipil Jagung, 3 unit transplanter, 2 unit combine harvester, 3 unit pompa air dan 2 unit uppo untuk pengolahan pupuk organik. 

"Bantuan tersebut akan disalurkan kepada 25 kelompok tani yang tersebar di tujuh kecamatan di Solsel. Harapannya, supaya kelompok tani dapat memanfaatkan bantuan tersebut sesuai fungsinya," katanya saat penyerahan bantuan Alsintan secara simbolis kepada kelompok tani di kantor Dinas Pertanian Solsel, Selasa (25/7/2017). 

Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, upaya mensejahterakan masyarakat Solok Selatan berarti sama dengan mensejahterakan petani. Hal ini katanya, karena mayoritas masyarakat di Solsel berprofesi sebagai petani. 

"Sekitar 80 persen masyarakat Solsel merupakan petani, dan mensejahterakan mereka sudah termaktub dalam visi misi Pemda Solsel yang Sejahtera dan Religius," ujarnya. 

Anggota DPR RI Komisi IV, Hermanto yang memfasilitasi bantuan tersebut mengaku bahwa penyaluran bantuan itu tak terlepas dari keseriusan Presiden RI, Joko Widodo dalam menggalakkan program swasembada pangan. 

"Swasembada pangan itu artinya produksi pangan melebihi kebutuhan pokok pangan secara nasional. Ini program pemerintah pusat.  

Sementara, pemberian bantuan ini selain bertujuan untuk meningkatkan produksi juga merupakan pemenuhan janji berjamaah. “Janji saya, Pemda Solsel, dan Wakil rakyat di Solsel," katanya. (okt/rel)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge