17 Juli 2017

Potensi Ribuan Pohon Aren “Surga Baru” Bagi Petani


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Air Nira yang berasal dari Pohon Aren yang biasanya menjadi bahan untuk pembuatan tuak, ternyata bisa dimanfaatkan untuk produksi Gula Aren yang sekarang banyak diminati oleh pasar, baik dalam maupun luar negeri. Di Solok Selatan (Solsel) sendiri, banyak terdapat potensi ribuan Pohon Aren yang bisa dimanfaatkan untuk itu.

"Berdasarkan data yang kami rangkum di lapangan, terdapat 3103 batang Pohon Aren di 3 kecamatan, yakni Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Sungai Pagu, dan Pauh Duo. Bahkan jumlah ini belum termasuk Pohon Aren yang berada di 4 kecamatan lainnya di Solok Selatan," terang Efendi Muharram, Pimpinan UMKM Minang Palm Sugar yang berlokasi di Kecamatan KPGD Kabupaten Solsel ini. 

Ia menyebutkan, potensi ekonomi pohon aren untuk satu pohon bisa menghasilkan 15-20 liter per hari, bahkan bisa lebih, dan akan terus berproduksi hingga 4-5 tahun kedepannya, dengan harga sekarang Rp.4.000 per liter.

Menurut Efendi, terdapat 4 aspek yang bisa dikembangkan dalam produksi Gula Aren ini, yakni Aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat, Aspek lingkungan, Aspek kesehatan, serta Aspek sosial keagamaan.

Poin poin tersebut di atas disampaikan ketika menerima kunjungan Kepala BPOM Sumbar, Drs.Zulkifli, A.Pt beserta jajarannya, Asisten I Setdakab Solsel Fidel Efendi, Asisten II Epli Rahmat dan OPD terkait, serta puluhan petani Aren di aula Kantor Camat KPGD, Sabtu (15/7/2017).

"Inshaa Allah, produk Aren kita di Solok Selatan melalui UMKM Minang Palm Sugar akan ikut serta dalam acara Indonesian Weekend And Join Business yang dilaksanakan di Potters Field Park London tanggal 21 s/d 23 juli 2017," ujarnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh KBRI London yang didukung oleh Kementerian Pariwisata, Pendidikan dan kebudayaan, Perindustrian dan Koperasi UMKM Republik Indonesia

Kedatangan rombongan BPPOM sendiri, dimaksudkan untuk memastikan standar kebersihan proses pembuatan produk Gula Aren tersebut. "Karena produk ini akan dibawa keluar negeri mewakili Indonesia, maka kita ingin langsung melakukan pemeriksaan ke lapangan," ujar Kepala BPOM

Asisten II Setdakab Solsel, H. Epli Rahmat, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih dari Pemkab Solsel atas kerja keras yang dilakukan UMKM Minang Palm Sugar. "Inilah karya nyata pelaku ekonomi kita di Solok Selatan yang telah ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat," sebut Asisten II bangga.

Ia juga menyampaikan, Pohon Aren yang dulunya tidak terperhatikan, dan cenderung dianggap kurang berguna, telah mampu dimanfaatkan airnya untuk diproduksi langsung di sini (KPGD, red) hingga dalam bentuk kemasan yang siap dipasarkan.

Menurutnya, jika sebelumnya mungkin menjual Air Nira ke pembuat tuak, sekarang tidak perlu lagi. Karena kedepannya Minang Palm Sugar siap menampungnya untuk dijadikan Gula Aren. Sehingga potensi kemaksiatan pun menjadi berkurang. “Kita doakan dan kita dukung bersama, agar UMKM ini semakin berkembang kedepannya," ucap Asisten Bidang Perekonomian ini mengakhiri. (okt)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan