31 Mei 2017

Solok Selatan Kembali Salurkan Zakat Bagi 414 Mustahik


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Sedikitnya 93 mustahik kembali menerima bantuan zakat untuk bulan Mei sebesar Rp.102.100.000,- dari Badan Amil Zakat Kabupaten Solok Selatan (Baznas Solsel). Sebelumnya, Baznas juga telah menyalurkan zakat bagi 321 orang mustahiq. 

Penyaluran zakat tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Solsel H. Abdul Rahman di Kantor Baznas Solsel didampingi Kabag Humas dan Protokol, Kepala Kantor Kementerian Agama Solsel, Kepala Baznas Solsel, Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga, Rabu (31/5/2017). 

Wabup mengatakan, zakat merupakan hak mustahiq yang dititipan kepada orang-orang yang diberikan kelebihan harta oleh Allah, dan sebagai Muzaqi mereka harus mengeluarkannya, kalau tidak maka secara otomatis telah merampas hak mustahiq. 

Sehubungan dengan persentase ASN yang mengeluarkan zakat melalui baznas masih sekitar 65 persen pada tahun lalu, wabup menegaskan bahwa ASN harus mengeluarkan zakat melalui baznas, karena undang-undang telah mengatur tentang itu harus dipatuhi oleh ASN.
“Baznas adalah Amil yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk mengatur penerimaan zakat dan penyalurannya dan transparan dalam mempertanggung jawabkannya. Jadi ASN harus membayarkan zakatnya melalui baznas,” tutur wabup. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solok Selatan, M. Syahrul mengatakan, bantuan zakat ini agar dipergunakan dengan sebaiknya, kalau memang tidak ada keperluan yang mendesak, sarannya mustahik dapat memperbanyak bantuan zakat dengan cara membuka usaha. “Mungkin bisa nanti bapak/ibu belikan untuk ternak seperti kambing atau ayam, secara tidak langsung nanti akan berkembang dan akan menambah penghasilan,” ungkapanya.

Ketua Baznas Solsel, Bakri Bakar melaporkan, sampai dengan bulan Mei tahun 2017, zakat terkumpul sejumlah Rp.947.103.564, dimana muzakinya terdiri dari ASN serta masyarakat secara perorangan. “Dari Januari sampai Mei tahun ini, kita telah mendistribusikan zakat untuk 414 mustahik dengan zakat sebanyak Rp.339.062.000,-,” terangnya. 

Ia menyebutkan, secara bertahap zakat akan diserahkan kepada mustahiq sampai akhir Ramadhan yang masih tertinggal sekitar 500 juta lagi. "Hari ini didistribusikan sebesar Rp.102.100.000,- untuk 93 orang mustahiq terdiri dari Solok Selatan Cerdas Rp.74.100.000,- untuk 63 orang, Solok Selatan Peduli Rp.7.000.000,- untuk 9 orang, dan Solok Selatan Makmur Rp.21.000.000,- untuk 21 orang," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk minggu depan akan didistribusikan sejalan dengan turunnya Tim Safari Ramadhan Kabupaten, kepada mustahiq yang tinggal berdekatan dengan lokasi masjid yang akan dikunjungi Tim Safari Ramadhan. “Kita kondisikan distribusinya di tempat itu, sisanya akan kita datangi langsung ke rumah tempat tinggal mustahiq,” tukasnya. (rel/okt)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan