18 April 2017

10 orang Napi Bersih-Bersih di Kawasan Ruang Terbuka Muaro Labuah

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Warga binaan rumah tahanan (rutan) cabang Muaro Labuah melakukan aksi bersih-bersih di ruang terbuka Muaro Labuah, Solok Selatan (Solsel), Senin (17/4/2017). Aksi bersih-bersih tersebut dilaksanakan oleh 10 orang narapidana (napi) dari 28 napi yang ada di rutan itu.

"Program ini ditujukan pada napi yang statusnya memenuhi syarat Asimilasi," kata Kepala Cabang Rutan Muaro Labuah, Asep Junaedi pada awak media.

Asimilasi imbuhnya, merupakan program untuk menyatukan napi dengan masyarakat lingkungan sekitar sehingga ketika napi nantinya bebas tidak merasa gamang atau canggung. "Jadi para napi ini bisa membaur lagi dengan masyarkat. Kita berharap para napi bisa diterima kembali ditengah masyarakat," katanya.

Kemudian, program Asimilasi tambah Asep dalam rangka memperingati hari Bakti Pemasyarakatan ke-53. "Inilah salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat. Kedepan, kita akan melibatkan para napi untuk giat membersihkan Masjid  sambil Salat bersama dengan melibatkan Camat, Walinagari serta pihak terkait lainnya," tukasnya.

Ia menambahkan, jumlah penghuni rutan tersebut 60 orang. Terdiri dari napi 28 orang dan 32 tahanan. "10 orang dari 28 napi tersebut pada umumnya telah menjalani masa kurungan setengah masa vonis," ucapnya.

Seorang napi, Donal ketika ditemui dilokasi mengatakan program bersih-bersih di Ruang terbuka merupakan salah satu bentuk pengayoman yang dilakukan pada napi. "Sekitar 3jam kami melakukan aksi bersih ini. Selain kegiatan ini kami rutin melakukan kegiatan bersih dilingkungan rutan dan tiap pekan melakukan pengajian dengan warga binaan lainnya. Kegiatan positif seperti ini sangat bermanfaat bagi kami sebab selain olahraga juga menghilangkan rasa bosan," tutupnya. (Okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge