Sunday, March 26, 2017

Tim Penggerak PKK Solsel Optimalkan Nagari Binaan 2017

Ny.Suriati Muzni Meninjau Tanaman HATINYA PKK

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Untuk mewujudkan harapan terbangunnya kesejahteraan masyarakat lewat pemberdayaan kesejahteraan keluarga, Tim Penggerak PKK Solok Selatan bersama-sama dengan TP PKK Kecamatan, mengoptimalkan pengurus PKK untuk melakukan pembinaan ke Nagari Binaan Gerakan PKK Tahun 2017 yang tersebar di 5 kecamatan dari tujuh kecamatan yang ada di kabupaten berjuluk Sarantau Sasurambi ini. 

Ketua Tim Penggerak PKK Solok Selatan Ny. Hj. Suriati Muzni saat melakukan pembinaan ke Nagari Pakan Rabaa Timur Kecamatan KPGD Jumat lalu bersama dengan Pengurus TP PKK kabupaten dan Kecamatan KPGD, mengajak seluruh masyarakat nagari untuk terus melakukan inovasi pemberdayaan melalui 10 program pokok PKK.

“Meski Nagari Pakan Rabaa Timur saat ini fokus melaksanakan program pokja 1 (satu) tentang Pencegahan PKDRT, namun pelaksanaan program kegiatan sekretariat tentang penaataan dasawisma dan administrasi PKK, serta kegiatan pokja II tentang penataan UP2K, Pokja III tentang Tanaman Obat Keluarga (Toga), dan Pokja IV terkait pemeriksaan Iva Tes masalah kanker leher rahim, juga perlu dilaksanakan,” kata Suriati Muzni. 

Suriati Muzni saat pembinaan ke Pakan Rabaa Timur itu, membawa pengurus PKK Kabupaten, diantaranya Wakil Ketua TP PKK Ny. Bet Yulian Efi, Sekretaris PKK Afrizal Amir, pengurus Pokja 1, Ny. Deltis Sujarno dan Jufrianto, Pokja II, Ny. Gus Putra Nusa, Pokja III Ny. Zuarlina dan Ny. Susi Feri. Rombongan istri Bupati H. Muzni Zakaria ini disambut dengan suguhan tradisi daerah tersebut dan penampilan simulasi PKDRT yang disinergikan dengan Kesenian Randai.

Ketua TP PKK Ny. Suriati Muzni didampingi Sekretaris PKK Afrizal Amir, saat melakukan peninjauan lapangan ke beberapa taman kelompok dasawisma di setiap jorong di Nagari Pakan Rabaa Timur itu, mengajak kelompok dasawisma, terus menata taman dan memanfaatkan lahan tidur untuk menanamnya dengan Tanaman Obat Keluarga, serta menata dengan kegiatan tanaman HATINYA (Halaman yang asri, teratur, indah, dan nyaman) PKK. 

Penataan Administrasi PKK 

Selain itu, Suriati juga memotivasi kelompok dasawisma dan pengurus PKK Nagari untuk menata administrasi PKK. Artinya, setiap kegiatan, harus dilengkapi dengan catatan kegiatan. Bahkan Sekretaris PKK Kabupaten Solok Selatan Afrizal Amir, meminta pengurus PKK Nagari maupun Kecamatan untuk memulai kegiatan itu dengan catatan kegiatan dan melengkapi administrasi secara umum. 

“Jika ada kegiatan dan setiap pelaksanaan kegiatan, diharapkan untuk selalu membuat administrasinya secara lengkap. Bahkan untuk beberapa kegiatan yang memerlukan regulasi Wali Nagari, hendaknya dapat pula diterbitkan. Sehingga apapun pelaksanaan program PKK akan dapat didukung sepenuhnya lewat dana ADD Nagari, atau bantuan lainnya dari berbagai pihak yang tidak mengikat,” kata Afrizal Amir

Pembinaan Ketua Ny. Hj. Suriati Muzni, dan Pengurus PKK Kabupaten serta Ketua TP PKK Kecamatan yang dipimpin Ny. Neti Syahrul Munir dan pengurus PKK Kecamatan KPGD, berakhir hingga waktu maqrib. 

Di kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten memberi dukungan dana motivasi secara pribadi pada PKK Nagari Pakan Rabaa Timur untuk membantu beberapa kebutuhan, dalam menghadapi lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan dilakukan penilaian akhir April tahun ini. (Okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

Eksklusif

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge