28 March 2017

DPP-PA Sumbar 'Roadshow' ke Solsel


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP-PA) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan yang berorientasi pada peningkatan kapasitas perempuan dalam pembangunan, terutama pembangunan keluarga. Kegiatan yang melibatkan warga di Nagari Lubuk Gadang Timur dan Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir Solok Selatan (Solsel) dilaksanakan di Hotel Pesona Alam Sangir, Senin (27/3/2017).

Kepala DPP-PA Sumbar, Ratnawilis menjelaskan, berdasarkan UU Perkawinan No.1 Tahun 1974, dalam kehidupan sosial politik dan kemasyarakatan di Indonesia, Suami merupakan kepala keluarga. Namun, dalam nilai sosial budaya umumnya, perempuan masih ditempatkan pada posisi sub-ordinat. 

Maka katanya, sekaitan dengan konteks pemberdayaan, perempuan perlu mendapat perhatian khusus bila dikaitkan dengan kondisinya yang sebagaian besar termasuk kategori miskin. "Artinya, saat ini pemerintah tengah memberi perhatian khusus kepada perempuan dengan memberikan dukungan keterampilan dan disinergikan dengan dukungan lainnya. Sehingga perempuan yang selama ini menjadi tulang punggung keluarga, betul-betul merasa mendapat tempat menikmati pembangunan dan mampu menghidupkan keluarganya," tandasnya.

Selain kegiatan itu, juga digelar Roadshow Pencegahan Kekerasan Pada Perempuan yang pada intinya menginginkan masyarakat nagari betul-betul memahami harkat dan martabat perempuan ditengah perannya dalam mendukung berbagai kegiatan pembangunan Pemerintah, kegiatan kemasyarakatan dan kehidupan berkeluarga.

Dua nagari yang telah ditetapkan untuk menjadi nagari percontohan bidang kualitas hidup perempuan tersebut, diantaranya Nagari Lubuk Gadang Timur ditetapkan sebagai Nagari Pilot Projek, Perempuan Kepala Keluarga. Untuk masyarakat nagari yang terdiri dari para janda ini, pihak DPP-PA Provinsi Sumbar tidak saja membekali mereka dengan teknis membangun keluarga secara terori, akan tetapi juga memberikan bekal pelatihan membuat berbagai menu makanan dari bahan Jagung.

Plt. Kadis P2KBP2PA Solsel, Lora Ayahanda Putri, mengatakan pihaknya sengaja menempatkan dua nagari di Kecamatan Sangir ini sebagai nagari percontohan untuk dua kegiatan dari Provinsi itu. "Tujuannya agar lebih mudah untuk mengakomodir berbagai persoalan, dan kebijakan yang akan diberikan untuk dua nagari ini. Bahkan, juga akan menjadi sebagai Nagari Layak Anak pada tahun ini.

Terpisah, Kabid Pemberdayaan Perempuan Solsel, Noviarti mengatakan, kegiatan ini melibatkan lebih kurang 80 orang peserta, dengan sumberdananya dari Provinsi Sumbar dan stimulan dari Pemkab Solsel. "Untuk dua kegiatan ini dibentuk organisasi yang akan menindak lanjuti kegiatan berikutnya," katanya.

Ia berharap, peran perempuan dalam memainkan perannya untuk membangun keluarganya lebih baik lagi, karena peserta yang ikut umumnya yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. "Sedangkan untuk Nagari Lubuk Gadang Utara, kita akan jadikan peserta kali ini menjadi motor penggerak untuk pencegahan kekerasan terhadap perempuan di daerah ini," tutup Noviarti. (Okt/rel)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge