10 February 2017

Kendala Jaringan Internet dan Listrik, Disdikpora Targetkan Sebagian SMP Ikut UNBK 2018

SOLSEL, (GemaMedianet.com)Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solok Selatan (Solsel) menargetkan setengah dari jumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah itu bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jumlah SMP di Solsel sebanyak 34 sekolah. 

"Pemerintah akan membantu pengadaan komputer untuk SMPN, agar bisa melaksanakan UNBK pada 2018," kata Sekretaris Disdikpora Solsel, Novrizon, Kamis (9/2/2017). 

Untuk memenuhi target itu perlu dilakukan pemetaan SMP di setiap kecamatan yang telah siap untuk menggelar UNBK. Kemudian, hasil dari pemetaan tersebut kemudian diajukan ke pemerintah untuk membantu melengkapi sarana dan prasarananya. 

"Seperti komputer. Nanti pemerintah akan mensubsidi pengadaan komputer karena sekolah tidak memiliki anggaran untuk membelinya," imbuhnya. 

Namun diakuinya, pelaksanaan UNBK selain terkendala komputer juga terkendala jaringan internet dan listrik. Sebab katanya, berdasarkan pengalaman UNBK 2016 hanya SMKN 1 Solsel yang melaksanakan. 

"Dalam pelaksanaan masih terganggu pasokan listrik. PLN, tidak bisa menjamin listrik tidak padam karena di Sumbar, hanya Solsel yang tidak memiliki gardu induk. Kita harus menyewa genset," tandasnya. 

Ia menjelaskan, sesuai aturan masing-masing sekolah harus memiliki komputer untuk UNBK minimal sepertiga dari jumlah peserta. Sementara, untuk saat ini belum ada satu sekolah pun yang belum memiliki komputer untuk UNBK.  

"Sebenarnya, beberapa SMP bisa melaksanakan UNBK dengan cara menumpang ujian di SMA/SMK yang telah melaksanakan tahun ini yakni SMKN 1 Solsel, SMAN 1 Solsel dan SMKN 5 Solsel. Nah, sekolah yang berdekatan bisa menumpang di sana," lanjutnya. 

Ia meyakini, dikarenakan terlambatnya informasi sehingga ketiga sekolah itu belum bisa melaksanakan UNBK tahun ini. 

"Sementara sosialisasi mengenai UNBK kepada siswa SMP telah dilakukan. Sosialisasi ditekankan pada pengisian biodata, sistem ujian dan cara menjawab ujian," jelasnya. (okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge