18 November 2016

Gubernur Irwan Prayitno Launching Tim Saber Pungli Sumatera Barat



GemaMedianet, PADANG—Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melaunching sekaligus mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Sumatera Barat di Gedung Sabhara Polda Sumatera Barat jalan Sudirman Padang, Jum’at (18/11/2016).

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, pelayanan publik sangat rentan terjadi pungutan liar (pungli) yang berdampak tidak efektifnya pelayanan kepada masyarakat dan dapat menganggu pertumbuhan ekonomi serta rendahnya daya saing.

Ia menyebutkan, untuk memberantas pungli pada pelayanan publik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat bersama Kepolisian Daerah dan Kejaksaan serta instansi terkait telah mengukuhkan Tim Sapu Bersih Pungli (Saber Pungli) berkomitmen untuk memberangus hal-hal yang menghambat pelayanan pada masyarakat, sesuai intruksi presiden untuk membentuk tim sapu bersih punggutan liar (saber pungli) di daerah.

“Ini menegaskan pungli tidak ada dasarnya, berarti perbuatan tidak benar maka mesti ditindak tegas,” ucap Irwan Prayitno.

Pembentukan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di daerah merupakan upaya pemberantasan pungutan liar yang sering terjadi pada pelayanan publik.

“Ini merupakan bentuk keseriusan Pemprov Sumbar beserta jajaran terkait untuk memberangus pungli yang sering menjadi sesuatu hal yang dikeluhkan masyarakat dalam mengurus keperluannya,” ujar gubernur.

Setiap instansi akan melakukan pemberantasan pungli di jajarannya masing-masing, seperti Pemprov Sumbar langsung gubernur yang akan turun tangan. Begitu juga sebaliknya, sehingga masyarakat jika terkena pungli oleh oknum tertentu dalam pelayanan, segera laporkan dan akan ditindak yang bersangkutan.

“Kita jangan melihat pungli dari uang 1000 atau 5000. Tapi, lihat pungli dari pekerjaannya yang dilanggarnya. Pak cuman 1000 kita pungut?, walaupun segitu tetap nama pungli dan jika kedapatan akan kita pecat,” tegas gubernur.

Seluruh abdi negara meski pun berlainan instansi dan lembaga, pelayan tetap untuk rakyat. 

“Karena itu harus bisa memberikan pelayanan terbaik pada rakyat. Jangan rakyat malah dipungli,” ujar gubernur mewanti-wanti.

Hadir pada kesempatan itu seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Provinsi Sumatera Barat, dan berapa orang Bupati diantaranya Bupati Kabupaten Sijunjung Yuswir Arfin, Bupati Kabupaten Solok Selatan, Muzni Zakaria, dan Wakil Bupati Padang Pariaman Suatri Bur. (marah)


0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge