18 April 2017

Empat Pelajar Solsel Ikut Seleksi Paskibra Provinsi Sumbar

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Empat pelajar asal Solok Selatan (Solsel) mengikuti seleksi paskibraka tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Empat pelajar tersebut diantaranya berasal dari SMAN 1 Solsel sebanyak tiga orang dan satu orang dari SMAN 6 Solsel.

"Mereka yang akan mengikuti seleksi tingkat provinsi ini, setelah mengikuti serangkaian proses panjang seleksi ditingkat kabupaten Solsel tingkat SMA/sederajat," kata Kasi Layanan Kepemudaan dan Kepramukaan, Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Solsel, Mulyadi, Minggu (16/4/2017).

Seleksi di tingkat provinsi, imbuhnya akan dilaksanakan pada 1 Mei 2017. "Kita targetkan setidaknya sebanyak dua orang pelajar kita mampu ikut andil sebagai tim paskibraka tingkat provinsi mewakili Solsel. Sehingga, minimal jika dua dari empat pelajar tersebut lulus maka yang dua orang lagi kita ikutkan pada tingkat kabupaten nantinya," ulasnya.

Menurutnya, proses seleksi di tingkat kabupaten melibatkan tim penilai dari Dinas Provinsi Sumbar yang dibantu Purna Paskibraka Solsel. "Hal ini dilakukan agar proses penilaian bisa netral, dan tidak memihak salah satu sekolah saja. Sekaligus, menepis tudingan negatif nantinya di tengah masyarakat. Kami dalam hal ini tidak ikut terlibat dalam proses penilaian itu sendiri," cetusnya.

Dari 210 orang pelajar tingkat SMA/sederajat yang ikut seleksi sebagai peserta paskibraka tingkat Solsel, setelah melewati rangkaian seleksi akhirnya terjaring 65 orang hingga akhirnya menciut menjadi 4 orang untuk mengikuti seleksi di provinsi. "Semua sekolah dirangkul dan terlibat dalam proses seleksi tersebut dan kuota di tiap sekolah berbeda tergantung aspek penilaian," terangnya.

Adapun unsur yang terlibat dalam paskibraka selain Polisi dan TNI adalah pelajar, yakni pasukan delapan, pasukan 17 dan pasukan 45. "Kita berharap ada perwakilan pelajar Solsel yang menembus paskibraka tingkat nasional nantinya," harapnya.

Empat pelajar itu diantaranya dari SMAN 1 Solsel, Adinda Wahyuni Putri, Arfila Mesi dan M.Aldi Razak. Sedangkan dari SMAN 6 adalah, Bintang Ramadhan. Jika diurut sejak 2015, pelajar Solsel tingkat SMA/sederajat yang ikut dalam tim paskibraka Sumbar sebanyak dua orang dan pada 2016 dua orang pula.

Sementara, Kepala SMAN 1 Solsel, Rifdanilson didampingi Wakil Kehumasan, Alip Anugrah Maria mengatakan ketiga pelajar asal sekolahnya merupakan peserta didik dari kelas X. "Mereka pada awalnya dilakukan perekrutan melalui guru olahraga dan bidang pelatihan sebanyak enam belas orang untuk seleksi tingkat kabupaten dan lulus delapan di tingkat kabupaten," katanya.

Ia menambahkan, salah satu indikator penilaian yang paling mendasar dalam perekrutan adalah postur tubuh seperti tinggi badan yang proposional serta kesigapan pelajar itu sendiri. "Belum ada latihan sebelumnya, pasalnya mereka berasal dari kelas satu tapi memang dinilai kesigapan dan postur badan. Pembinaan di tingkat sekolah akan dilakukan beriringan denganlatihan kepramukaan," tutupnya. (Okt)

0 comments:

Post a Comment

SEMSI

SEMSI

Galeri Iklan

Statistic Views

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN
** Group Media Sumbar **

FACEBOOK - TWEETER

Google+ Badge