03 Oktober 2019

Pemko dan Forkopimda Siap Jaga Keamanan dan Kenyamanan di Padang


PADANG(GemaMedianet.com— Pemerintah Kota Padang bersama unsur Forkopimda dan instansi terkait menyatakan siap memastikan keamanan, kenyamanan dan ketertiban di Kota Padang.

Sebagaimana diketahui, akhir-akhir ini cukup banyak peristiwa yang sempat terjadi khususnya di Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tersebut. Mulai dari gangguan kabut asap yang berasal dari beberapa daerah tetangga, sampai kepada aksi unjuk rasa mahasiswa yang diwarnai kericuhan di beberapa tempat.

Selain itu aksi kekerasan di Wamena, Provinsi Papua Barat, ikut menambah duka warga Minang. Dari sebanyak 33 korban yang meninggal dunia akibat aksi kekerasan, 10 orang diantaranya warga asal Sumbar.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota Padang menggelar rapat khusus bersama unsur Forkopimda dan stakeholder terkait di salah satu hotel di Padang, Selasa malam (1/10/2019). Rapat ini dipimpin Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dengan diikuti Ketua DPRD Padang Syafrial Kani, unsur Forkopimda dan stakehoder terkait. 

Walikota Mahyeldi menyampaikan, menyikapi hal tersebut perlu sikap dan pemahaman yang sama bersama masyarakat dan Pemerintah Kota Padang dalam rangka antisipasi kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan ke depan. 

"Untuk itu, melalui pertemuan ini diharapkan masing-masing pihak baik dari TNI/Polri dan unsur terkait lainnya, bisa memiliki pemahaman yang sama dan menyikapi segala sesuatu yang telah dan yang akan terjadi secara baik sesuai standar operasional prosedur (SOP) masing-masing," sebut wako didampingi Sekda Amasrul beserta beberapa pimpinan OPD terkait dikesempatan itu.

Mahyeldi pun juga menyoroti sekaitan adanya aksi unjuk rasa berbagai aliansi mahasiswa di beberapa tempat, terakhir di Kantor DPRD Sumbar pada 25 September lalu. Dalam aksi tersebut banyak terjadi pengrusakan hingga penurunan foto Presiden RI. 

"Tentu ini menjadi hal yang perlu kita sikapi secara serius untuk selanjutnya. Karena pada 6 Oktober nanti kabarnya juga akan ada aksi rapat akbar sekaitan kekerasan di Wamena bertempat di Masjid Raya Sumbar. Maka itu perlu kita antisipasi agar tidak ada terjadi hal-hal yang tak diinginkan," ujar wako.

Atas nama Pemerintah Kota Padang, Mahyeldi pun menyayangkan terjadinya aksi kericuhan unjuk rasa yang terjadi di Kantor DPRD Sumbar. Meski aksi yang dilakukan berkaitan dengan agenda-agenda di pemerintah pusat namun yang dihancurkan adalah Kantor DPRD Sumbar.

"Maka itu masukan dan saran dalam rapat ini sangat penting bagi kita semua, bagaimana dan apa yang mesti kita lakukan serta sikap yang kita hadirkan. Sehingga hal yang tak diinginkan tersebut terjadinya di Kota Padang," tukasnya.

Terkait gangguan kabut asap kata wako, hingga saat ini ia bersyukur sudah mulai berkurang di Kota Padang seiring dari informasi yang beredar sudah ratusan pengusaha penyebab kebakaran lahan hutan yang sudah ditangkap dan diproses hukum. 

Begitu pun sekaitan aksi kekerasan di Wamena, Mahyeldi pun meminta pemerintah pusat untuk menangani secara cepat dan serius, sehingga hal itu tak terjadi lagi. Atas kejadian tersebut, ia pun juga menyampaikan Pemerintah Kota Padang bersama stakeholder terkait memastikan rasa aman dan tenteram bagi semua perantau yang tinggal di Kota Padang, termasuk warga Papua.

"Kita tentu berharap, kekerasan di Wamena tidak terjadi lagi dan situasi kembali kondusif. Maka itu kepada pemerintah pusat agar bisa menyikapinya secara baik," imbuhnya.(David/Mul/Fsl)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan