Ruang Iklan Anda

27 October 2019

Masyarakat Penuh Antusias Hadiri Pembukaan Pacu Kuda dan Alek Anak Nagari


PADANGPANJANG, (GemaMedianet.com— Setelah Empat tahun lamanya vakum, kini Gelanggang Pacu Kuda Banca Laweh, resmi dibuka kembali dengan diadakan kegiatan Pacu Kuda Open Race  Alek Anak Nagari Padang Panjang Batipuah X Koto.

Pacu Kuda Alek Anak Nagari tersebut dibuka langsung Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. Nasrul Abit di Galanggang Banca Laweh, yang tumpah ruah antusias penonton, Minggu (27/10/2019).

"Perlombaan pacu kuda ini dapat dijadikan sebagai wadah menjalin silaturahmi serta mempertahankan nilai-nilai budaya yang tertanam di dalamnya, serta juga akan menambah nilai ekonomi masyarakat Padang Panjang sendiri," kata Nasrul.

Nasrul minta pacu kuda di Gelanggang Bancah Laweh ini agar dijadikan iven tahunan. "Pacu kuda merupakan kebudayaan lokal, yang tidak semua daerah memilikinya. Maka dari itu, mari kita budayakan olah raga ini tanpa mengurangi nilai budaya yang ada didalamnya," sebut Wakil Gubernur yang terkenal ramah memasyarakat ini. 

Sementara itu,  Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano,  menyebutkan perayaan pacu kuda saat ini menjadi salah satu cara untuk memperjuangkan kembali sejarah alek nagari dan pacu kuda yang ada di Padang Panjang.

"Kami berharap ini menjadi pererat dan perekat tali persaudaraan di Padang Panjang, nilai-nilai adat yang tertanam di dalamnya dapat kita pertahankan," paparnya.

Selain  itu, walikota juga menekankan dan menghimbau untuk masyarakat supaya selalu menjaga keselamatan, karena ini iven yang cukup berbahaya, jangan sampai nanti ada kecelakaan dan insiden yang tidak diinginkan.

Irwan Marsal Dt. Mangkudun mewakili niniak mamak menyambut baik alek pacu kuda ini.  "Sudah 67 tahun umur saya. Setahu saya baru sekali ini diadakan alek pacu kuda di Bancah Laweh yang gratis, dihadiri pula Ninik Mamak Batipuah X Koto bersama walikota yang lengkap dengan Porkopimda. Mungkin karena walikota seorang ninik mamak juga. Terimakasih banyak Pak Wali," katanya.

Ketua Pelaksana Zulfikri yang merupakan Anggota DPRD Kota Padang Panjang menjelaskan, bahwa pacu kuda kali ini akan dilaksanakan selama dua hari. Ada banyak daerah yang berpartisiapsi dalam memeriahkan iven ini, diantaranya selain daerah Sumbar juga ada dari Provinsi Aceh, Sumut dan Jawa Timur.

"Pada hari pertama ini, kita akan ada 11 race yang akan berlaga dengam kategori Bugi, Sagalo Derby dan lain sebagainya," jelanya.

Turut hadir menyaksikan Alek Anak Nagari dan Pacu Kuda Open Race tersebut Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul, unsur Forkopimda, Ketua DPRD beserta jajaran, Sekda Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, ninik mamak, Ketua Kerapatan Adat Nagari Padang Panjang Batipuh X Koto serta Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. (Kominfo)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER