Ruang Iklan Anda

09 October 2019

Cegah Penyebaran DBD, Dinkes Agam Lakukan Penyelidikan Epidemiologi


LUBUKBASUANG, (GemaMedianet.com)— Dalam rangka mengantisipasi masyarakat dari penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam bersama Puskesmas Lubukbasung melakukan penyelidikan epidemiologi di kawasan Lapau Panjang, Padangbaru, Lubukbasung, Rabu (9/10/2019).

Hal itu dilakukan Dinkes Agam bersama Puskesmas Lubukbasung sebagai pencegahan dari penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk, yang sebelumnya sudah memakan korban jiwa seorang anak berusia 5 tahun meninggal dunia akibat DBD di kawasan Lapau Panjang itu.

Terkait hal itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Agam Bisman mengatakan kepada gemamedianet.com, bahwa upaya ini dilakukan sebagai tindak lanjut pencegahan penyebaran DBD.

"Hal ini kita lakukan setelah mendapatkan laporan dari masyarakat terkait serangan DBD ini telah mewabah kepada anak-anak dan juga telah memakan korban. Untuk itu kami langsung melakukan penyelidikan epidemiologi ke setiap rumah yang ada di kawasan Lapau Panjang itu," jelasnya.

Ditambahkan Bisman, pihaknya berencana akan melakukan penyemprotan (Fogging) di kawasan Lapau Panjang pada Jumat (11/10) mendatang.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan rumah dan melakukan goro di sekitaran rumah, termasuk menguras bak mandi satu kali seminggu, sehingga terhindar dari penyakit DBD yang mematikan itu.

Perlu diketahui, Penyelidikan Epidemiologi DBD yang bertujuan untuk mengetahui potensi penularan dan penyebaran DBD lebih lanjut serta tindakan penanggulangan yang perlu dilakukan di wilayah sekitaran yang terkena dampak penyakit tersebut. (Bryan)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER