Ruang Iklan Anda

10 September 2019

Walikota Padang Buka Pelatihan Pembinaan Para Muallaf Kota Padang 2019


PADANG(GemaMedianet.com— Pelatihan Pembinaan Para Muallaf se Kota Padang yang diikuti sebanyak 120 peserta dibuka secara  resmi oleh Walikota Padang  diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Azwin, Selasa (10/9/2019).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai 10-12 September 2019 kali ini mengangkat tema, "melalui pembinaan Muallaf kita tingkatkan keimanan, ketaqwaan serta memantapkan pelaksanaan ibadah kepada Allah Subhanu Wa Taala." 

Walikota Padang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Azwin dalam sambutannya mengatakan, perhatian dan pembinaan terhadap mualaf tidak hanya sekadar membimbingnya untuk bersyahadat. Namun lebih dari itu yakni memiliki tanggung jawab untuk membawa mualaf ke dalam Islam yang utuh.

"Jika kurang pembinaan maka dikhawatirkan para Muallaf itu akan kembali ke agama sebelumnya," ujarnya. 


Sebelumnya Kabag Kesra Setda Kota Padang, Jamilus dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan pelatihan pembinaan para Muallaf yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Padang dilatarbelakangi dari data banyaknya jumlah Muallaf di Kementerian Agama dan Yayasan Muallaf Kota Padang, namun seiring waktu pembinaan terhadap para Muallaf  setelah masuk Islam terasa kurang. 

Kondisi ini, sebut Jamilus, disikapi Pemko Padang melalui Bagian Kesra dengan menggelar pembinaan lewat pelaksanaan pelatihan pembinaan para Muallaf Kota Padang Tahun 2019. 

Ia juga menyampaikan, kegiatan ini rutin dilaksanakan untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan para Muallaf tentang keagamaan, pengetahuan akidah, pengetahuan baca tulis Al Quran serta memantapkan ibadah kepada Allah Subhanu Wa Taala. 

Selain itu, bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah Subhanu Wa Taala, sejalan dengan tema yang diangkat kali ini, yakni "Melalui pembinaan Muallaf kita tingkatkan keimanan, ketaqwaan serta memantapkan pelaksanaan ibadah kepada Allah Subhanu Wa Taala." 

Kegiatan yang bersumber dari dana DPA Bagian Kesra ini menghadirkan sembilan narasumber yang berkompeten. Diantaranya Kebijakan Pemko Padang tentang Muallaf disampaikan oleh Kabag Kesra Setko Padang Jamilus, Tentang Ibadah oleh Dosen UIN Imam Bonjol Muhammad Ridho, tentang AlQuran oleh Rafli, MSi, Anak muda Islam oleh Dr Zulkifli, Hafalan Alquran oleh Irsyad, SIP, Ekonomi Islam oleh Dekan Fakultas Ekonomi Islam UIN DR Ahmad Wira, Penggiat Yayasan Muallaf SH Karo-karo, Ketua Yayasan Muallaf Ibnu Aqil, dan Muallaf Muallaf nasional. 

Sedangkan jumlah peserta pelatihan pembinaan ini diikuti 120 orang Muallaf se Kota Padang. 

"Lewat pelaksanaan pelatihan selama tiga hari ini, kepada para peserta diharapkan dapat mengikutinya dengan serius sehingga ke depan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Jamilus dalam pembukaan  yang juga dihadiri Kakan Kemenag Kota Padang. (em) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER