02 September 2019

Pemkab Agam Lakukan Sosialisasi Geopark Ngarai Sianok - Maninjau


MATUR(GemaMedianet.com— Dalam rangka melakukan peningkatan dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Agam, pemkab setempat menggelar Sosialisasi Geopark Ngarai Sianok-Maninjau di Hotel Nuansa Maninjau, Senin (2/9/2019).

Kegiatan sosialisasi itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Agam Drs. Martias Wanto, MM, didampingi Plt Kadisparpora Drs. Yosefriawan.

Dalam sambutannya, Sekda Agam mengatakan predikat Geopark Nasional yang telah didapatkan pada bulan November 2018 lalu, merupakan suatu peluang dan sekaligus tantangan ke depan bagi seluruh stakeholder, baik dari pemerintah daerah maupun dari masyarakat.

"Sosialisasi yang kita laksanakan hari ini, merupakan suatu pemanasan untuk persiapan bagi Geopark Ngarai Sianok-Maninjau menuju skala Internasional," sebut Martias Wanto.

Dengan adanya geopark ini, tambah Sekda, diharapkan masyarakat disekitar geosite agar lebih inovatif untuk mencapai kesejahteraan ekonomi yang berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, dan menjaga kualitas lingkungan hidup yang menjadi roh pembangunan berkelanjutan melalui pengembangan geopark.

Sekda berpesan, segala informasi tentang Geopark Ngarai Sianok-Maninjau ini agar didigitalisasi dengan baik. Hal ini sangat strategis, supaya segala potensi Geologi, Seni, Budaya, Flora, Fauna, dan juga wisata alam di geopark ini bisa tersebar luas dengan cepat kepada siapa saja.

"Saya berharap kepada kita semua untuk dapat bersama-sama mempromosikan Geopark Ngarai Sianok-Maninjau dan Pariwisata di Agam lainnya baik itu secara langsung maupun melalui media online," harapnya.

Di lain pihak, Plt Kadisparpora Agam Drs. Yosefriawan menyebutkan, Sosialisasi yang dilaksanakan ini dalam rangka optimalisasi pengelolaan, serta untuk memberikan pemahaman kepada stakeholder terkait mengenai Geopark Ngarai Sianok-Maninjau yang telah ditetapkan menjadi Geopark Nasional, dan mempersiapkan Geopark Ngarai Sianok-Maninjau menjadi Unesco Global Geopark.

Diketahui, pembiayaan kegiatan ini bersumber dari DPA Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam tahun 2019, dan diikuti oleh Kepala OPD terkait, Camat terkait, Walinagari, Pengelola Objek Wisata, Pokdarwis, dengan total peserta sebanyak 100 orang. 

Diketahui yang menjadi Narasumber dalam kegiatan itu adalah, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Kepala BKSDA Sumatera Barat Dr. Ir. Erly Sukrismanto, M.sc., Tim Ahli Geopark Ranah Minang Dian Hadiansyah, ST, MT., Badan Pengelola Geopark Nasional Ngarai Sianok-Maninjau Drs. Martias Wanto, MM., dan Staf Ahli Bupati Agam Bidang Kemasyarakatan dan Pengembangan SDM Ir. Erniwati, MSP.

Sosialisasi yang bertema "Geopark Ngarai Sianok-Maninjau Menuju Unesco Global Geopark" itu, dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Selasa 2-3 September
2019 bertempat di Hotel Nuansa Maninjau Resort. (Bryan)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER