13 September 2019

Nagari Jambak Wakili Pasaman Penilaian Pelaksanaan Program LPM Terbaik Tingkat Sumbar 2019


PASAMAN(GemaMedianet.com— Nagari Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman untuk tahun 2019 ini dipilih mewakili Kabupaten Pasaman untuk Penilaian Pelaksanaan Program LPM terbaik tingkat Sumatera Barat, Jumat (13/9/2019).

Program unggulan yang disajikan dalam pemaparan yang disampaikan oleh Ketua LPM Nagari Jambak, Asrizal antara lain Pembangunan MCK di Jorong Chaniago yang dilaksanakan dari program BBGRM, Pembuatan Parkir Kantor Wali Nagari Jambak, peningkatan Jalan dari Surau Lamo ke Padang Cubadak, Pelatihan Menjahit, Pelatihan Tata Rias Wajah, Pembangunan Bronjong di depan Surau Lamo, Pembangunan DAM Mudiak air Jambak, Pembangunan Pagar Kantor Wali Nagari Jambak, Peningkatan jalan dari Palak Kopi ke Aia Tabek, Perbaikan Lapangan Bola Kaki Nagari Jambak dan ditambah dengan kegiatan keagamaan Musrenbang Nagari.

Asisten II Setda Pasaman Ir.Yuspi yang mewakili Bupati Pasaman dalam sambutannya mengatakan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah merupakan lembaga kemasyarakatan yang telah berperan aktif dalam pembangunan sebagai mitra Pemerintah dan pihak lain.

Untuk itu keberadaan LPM harus tetap di jaga dan ditingkatkan peranya sebagai institusi yang mampu memotifasi dan mendinamisasikan gerak dari segala aspek kehidupan masyarakat. 

Yuspi menjelaskan, bahwa LPM adalah merupakan lembaga yang dibentuk pada tahun 2000. Lembaga ini telah dideklarasikan di Bandung menggantikan lembaga yang sama yaitu Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMN). 

Untuk itu tambahnya, keberadaan lembaga ini harus berperan dalam perencanaan pembangunan mulai dari tingkat bawah sekaligus harus mampu melaksanakan pembangunan dengan swadaya masyarakat dengan jalan bergotong-royong. Selain itu, lembaga ini juga harus dapat membangun pemahaman terhadap masyarakat tentang pentingnya pembangunan tersebut.

"Kita berharap, kiranya penilaian tersebut dapat berjalan dengan lancar, dan kepada pihak Nagari, Tokoh Masyarakat dan LPM dapat memberikan jawaban yang tepat agar terdapat penilaian yang objektif,” ujar Yuspi mengakhiri sambutannya. 

Sementara itu. Ketua Tim Penilai LPM Tingkat Sumatera Barat, Efy Khaidir mengatakan, Kabupaten Pasaman merupakan kabupaten ketujuh yang dinilai oleh tim, dan kabupaten/kota ini telah dipilih oleh pihak propinsi melalui tim evaluasi. Ketujuh kabupaten/kota tersebut mencakup empat kota dan tiga kabupaten diantaranya Kota Solok, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh dan Kota Sawahlunto.

Sementara untuk kategori kabupaten, diantaranya Kabupaten Agam, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Pasaman. Sedangkan penilaian yang dilaksanakan saat ini adalah untuk melihat secara langsung sejauh mana pelaksanaan program LPM di daerah yang dinilai.

Penilaian LPM tingkat Sumatera Barat di Kenagarian Jambak Kecamatan Lubuksikaping tersebut dihadiri oleh Asisten II Setda Pasaman Ir. Yuspi, Asisten I Mulyatmin, Staf Ahli Bupati Pasaman, Yasri Uripsyah, Azhari, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasaman Hasiolan, Kepala Dinas Sosial Efka Emi, Kabag Humas Setdakab Aprialdi Said, Camat Lubuksikaping Afrizal, Wali Nagari Jambak, Ketua dan Pengurus LPM se Pasaman dan Tokoh Masyarakat setempat. (Noel/Humas)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER