Ruang Iklan Anda

14 September 2019

Kwarcab Pasaman Pertahankan Penghargaan Predikat Tergiat I Kepramukaan Tingkat Sumbar 2019


PASAMAN(GemaMedianet.com— Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0308/Pasaman, kembali berhasil mempertahankan Piagam Predikat Tergiat I dalam ajang penilaian gerakan Pramuka Tergiat tingkat Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2019.

Tidak itu saja, Kwarcab Pasaman juga berhasil meraih Juara 2 Lomba Pionering, serta Juara 3 Lomba MSQ dalam Giat Prestasi Tingkat Sumbar tersebut.

Piagam Predikat Tergiat I itu langsung diserahkan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno kepada Ketua Kwarcab 0305/Gerakan Pramuka Pasaman Maraondak bertepatan pada Peringatan Hari Pramuka ke 58 Tingkat Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pagaruyuang, Sabtu (14/9/2019).

"Alhamdulillah, Pasaman kembali berhasil mempertahankan penghargaan di bidang kepramukaan. Pasaman kembali meraih tergiat I tingkat provinsi Sumbar. Piagam tergiat itu langsung diserahkan oleh Bapak Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Bumi Perkemahan Pagaruyuang," ujar Ketua Kwarcab 0308/Pasaman, Maraondak.

Ia mengungkapkan, Penghargaan Tergiat I di bidang kepramukaan yang diterima untuk sekian kalinya ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, mulai dari jajaran pengurus kwarcab, pengurus Kwaran, pemerintah daerah, masyarakat serta dukungan dari media massa yang senantiasa mempublikasikan kegiatan kepramukaan di daerah ini.

"Penghargaan ini juga tidak terlepas dari dukungan penuh Pemerintah Daerah yang dipimpin H. Yusuf Lubis dan Wakilnya H. Atos Pratama, dengan telah memfasilitasi sarana dan pendanaan termasuk gedung sekretariat, sarana dan prasarana, serta fasilitas lainnya semacam kendaraan operasional. Terima kasih atas dukungan Bapak bupati dan wakilnya sehingga kita kembali mempertahankam piagam tergiat I tahun ini," terangnya.

Dia menyebutkan, dengan ditetapkannya Pasaman sebagai tergiat I tentu ada tanggung jawab moral, dan sekaligus tantangan bagi kita semua, supaya prediket yang diterima hari ini betul betul sesuai harapan kita.

"Pasaman menjadi tergiat I tingkat Sumbar tahun ini berdasarkan hasil penilaian dari Kwarda 03 Sumbar yang telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 lalu. Kita berharap, penghargaan yang kita terima ini tentu tidak hanya sekedar menerima penghargaan semata, namun hal ini ke depan tentu harus kita pertahankan dan di implementasikan di wilayah kerja masing-masing," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan kepramukaan ini, merupakan kegiatan kepanduan yang memberikan contoh teladan kepada generasi muda yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Jika generasi muda kita sudah disibukkan dengan kegiatan kepremukaan, kedepan kita berharap generasi muda kita terhindar dari berbagai kegiatan negatif seperti penyalahgunaan narkoba, miras dan obat obatan terlarang lainnya," kata dia.

Lebih jauh, pamong senior ini kembali mengingatkan, kepada seluruh jajaran Kwarcab dan kwaran Pasaman kedepan agar dapat mempertahankan prediket tergiat I Sumbar yang baru kita terima dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ini.

"Ke depan terus dipertahankan dan perlu ditingkatkan lagi. Untuk itu, jangan cepat berpuas diri dan selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya di bidang kepramukaan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Pasaman Nazri Can mengatakan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno diraih oleh Kwarcab 0308/ Pasaman setelah adanya penilaian oleh Kwarda 03 Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Barat yabg dilaksanakan pada, Rabu 7 Agustus 2019 lalu.

Nazri Can menambahkan, Kwarcab Pasaman tidak saja berhasil meraih Piagam Tergiat I tahun ini, namun Kwarcab Pasaman juga berhasil meraih Juara 2 lomba pionering, serta Juara lomba MSQ dalam Giat Prestasi tingkat Sumbar tersebut.

Kata Nazri Can, dalam penilaian Kwarcab tergiat tahun ini ada beberapa aspek yang dinilai, seperti aspek organisasi dalam gerakan kepramukaan, pendidikan dan pelatihan. Diantaranya meliputi apa saja yang dilaksanakan dalam pembinaan orang dewasa dan anggota muda dalam gerakan pramuka, bidang abdimas dan humas.

Kemudian, administrasi usaha dan keuangan, kegiatan kesakaan dan beberapa potensi peserta didik yang telah berhasil dalam kepramukaan serta kegiatan partisipasi yang telah dilakukan kwartir cabang selama tahun 2018.

"Kita berharap prestasi seperti ini ke depan terus berlanjut seiring semakin aktifnya program kegiatan Pramuka di Pasaman mulai tingkat Kwarcab hingga Kwartir Ranting," tukasnya. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER