09 Agustus 2019

Jelang Pelantikan Anggota DPRD, Parpol Mulai Bangun Komunikasi Untuk Posisi AKD

. PASAMAN(GemaMedianet.com— Pelantikan anggota DPRD Pasaman tinggal menghitung hari, namun aroma perebutan posisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) mulai menarik menjelang pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman untuk periode 2019-2024.

Tak ayal, masing-masing Partai Politik (Parpol) sudah bolak-balik mengutus kadernya kepada Anggota DPRD terpilih untuk melakukan konsolidasi sebagai persiapan koalisi. Partai pemenang dengan torehan kursinya sangat jelas menjadi 'Bargaining Position' dalam perebutan posisi AKD tersebut.

"Alat Kelengkapan Dewan (AKD) itu merupakan jabatan yang sangat seksi diperebutkan. Karena lewat posisi di AKD itu tertompang juga kepentingan Partai Politik (Parpol). Jadi wajar-wajar saja masing-masing Parpol melalukan koalisi untuk memperebutkan posisi di AKD tersebut," terang salah seorang Anggota DPRD Pasaman terpilih dari Partai PAN, Yulisman, Jum'at (9/8/2019).

Yulisman menyebutkan ada lima posisi jabatan yang diperebutkan di AKD yaitu Komisi (A,B dan C), Badan Kehormatan (BK), Badan Anggaran (Banggar), Badan Legislasi Daerah (Balegda) dan Badan Musyawarah (Bamus).

"Kami dari Partai PAN sendiri juga sudah membangun komunikasi dengan teman-teman di Parpol lain. Karena semua Parpol mempunyai hak dan kepentingan untuk memimpin. Tetapi finalnya setelah pelantikan, sekarang masih dinamis. Masih ada tarik-menarik koalisi," ungkapnya.

Ketua Partai Keadilan Sejahtera Pasaman, Danny Ismaya mengaku terkait perebutan posisi di AKD tersebut mengalir sesuai kebutuhan bersama.

"Kalau kami dari PKS sebenarnya menginginkan sosok yang memimpin Alat Kelengkapan Dewan itu memang orang yang tepat. Agar bisa membawa kepentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadinya saja. Hal ini selalu kami tekankan kepada teman-teman Parpol lain," katanya.

Calon Ketua DPRD terpilih dari Partai Gerindra, Bustomi mengaku hingga kini pihaknya belum memutuskan arah koalisi dalam perebutan AKD tersebut.

"Belum difinalkan, masih dinamis. Kami sama teman-teman di Gerindra masih fokus persiapan pelantikan, kemudian Paripurna Istimewa. Nanti kita akan fokus membahas ini usai pelantikan," ujarnya.

Sementara Politisi Golkar yang kali keempat terpilih sebagai anggota DPRD Pasaman, Yasri  mengaku masih membahas persoalan tersebut bersama pengurus di internal Golkar.

"Kita berharap pimpinan AKD ke depan bisa menyuarakan kepentingan masyarakat. Kita berharap juga proses pemilihan nanti berjalan lancar, jangan sampai deadlock. Ini juga untuk kebaikan bersama," tutupnya. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan