12 August 2019

Hari Raya Idul Adha, Momentum Jalin Ukhuwah Islamiyah, Wathaniah dan Basyariyah


PADANG(GemaMedianet.com— Hari Raya Idul Adha 1440 H merupakan momen untuk menjalin ukhuwah Islamiyah, Wathaniah dan Basyariyah.

“Sebagaimana dijelaskan khatib sholat Idul Adha tadi, bahwa menjalin ukhuwah merupakan suatu keharusan, baik itu Ukhuwah Islamiyah (Persaudaraan sesama umat Islam dengan meningkatkan jalinan silaturrahmi), Ukhuwah Wathaniyah (Persaudaraan sebangsa dan setanah air), serta Ukhuwah Basyariyah (Persaudaraan karena sesama makhluk Allah Subhana wa Ta’ala),” ujar Amasrul usai Sholat Idul Adha di lapangan RTH Imam Bonjol Padang, Minggu (11/8/2019) pagi.

Ia juga mengatakan, khatib Sholat Idul Adha juga menjelaskan, menjalin ukhuwah tersebut menjadi sangat penting, mengingat persaudaraan pada masyarakat sudah mulai menipis atau bisa dikatakan sudang menghilang disebabkan perbedaan pandangan politik, pilihan, dan perbedaan partai.

“Keadaan ini jangan sampai berlarut-larut. Bila tidak kunjung pulih maka kerugian besar akan menimpa kita, menimpa bangsa kita. Mari kita jadikan momen Hari Raya Idul Adha untuk menjalin kembali ukhuwah itu,” ujar Amasrul mengulas isi khotbah sholat Idul Fitri yang disampaikan khatib Prof. Dr. H. Syamsul Bahri Khatib.

Amasrul menambahkan, sebagaimana laporan dari Kemenag Kota Padang, jamaah haji yang berasal dari Kota Padang tahun 2019 berjumlah 1.195 orang. Dan satu orang dari jamaah haji tersebut dikabarkan meninggal atas nama Zaini bin Sirin yang berasal dari Kecamatan Kuranji. 

“Kita doakan semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah Subhana wa Ta’ala,” tutur Amasrul.

Sedangkan untuk jumlah Hewan Qurban di Kota Padang, Amasrul mengatakan, berdasarkan laporan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Padang yang bersumber dari seluruh Masjid dan Mushalla di Kota Padang mencapai 8.143 ekor hewan qurban dengan 6.954 ekor Sapi dan 1.189 ekor Kambing.  
                
“Data terakhir PHBI tersebut belum termasuk pelaksanaan qurban yang diadakan di perkantoran dan perusahaan yang ada di Kota Padang,” kata Amsrul.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha di lapangan RTH Imam Bonjol diadakan oleh PBHI Kota Padang yang juga diikuti Dandim 032 Padang, Kapolresta Padang, Kepala Kemenag Kota Padang dan SKPD Pemko Padang. (Humas)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER