14 August 2019

58 Tahun Gerakan Pramuka, Bupati Pasaman Tekankan Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba dan Nasionalisme


PASAMAN(GemaMedianet.com— Pemerintah Kabupaten Pasaman menggelar upacara peringatan ke- 58 tahun Gerakan Pramuka. Upacara yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Pasaman  tersebut berlangsung khidmad dan meriah, Rabu (14/8/2019).

Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke – 58 di Pasaman itu, dipimpin langsung oleh Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis yang juga menjabat sebagai Kakwarcab Pasaman.

Lebih dari seribuan Pramuka dari jenjang siaga, penggalang, penegak hingga pandega memadati lapangan upacara yang disiapkan sebagai lokasi Upacara Peringatan Hari Jadi Pramuka ke-58 tahun ini.

Berbagai atribut khas kepanduan seperti bendera, spanduk dan iringan marching band juga ditampilkan untuk meriahnya upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58 itu.
Kegiatan upacara peringatan hari Pramuka ke-58 tahun ini mengusung tema "Bersama Seluruh Komponen bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI".  

Sementara di panggung kehormatan nampak hadir, Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin, Dandim 0308 Pasaman Letkol Arh Pri Isdianto, Kajari Pasaman Adhryansah, Ketua Kwarcab Pasaman Mara Ondak, Ketua Harian Kwarcab Pasaman, jajaran pengurus Pramuka Kwarcab, Kwarran, Kamabigus, para pembina Pramuka dan anggota DKC Pasaman.

Dalam amanat Ka Kwarnas yang dibacakan oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis menekankan tentang pentingnya peran serta Pramuka dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba. 

Selain itu, Pramuka diharapkan juga menjadi pelopor cinta produk dalam negeri, tanggap bencana alam serta mempunyai rasa setia kawan yang tinggi dan yang tak kalah penting adalah Pramuka harus memiliki rasa nasionalisme dan bersama-sama menjaga NKRI.

Sementara itu, Ketua Kwarcab 0308/Pasaman Mara Ondak menambahkan bahwa pihaknya merasa bangga karena perkembangan kepramukaan di Kabupaten Pasaman dinilai begitu pesat dan memperoleh dukungan positif dari berbagai pihak. Untuk itu, melalui peringatan Hari Pramuka ke-58 ini diharapkan menjadi tonggak yang penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan-kegiatan kepramukaan di berbagai tingkatan baik siaga, penggalang, penegak maupun pandega.

"Pihaknya memiliki komitmen yang kuat untuk secara terus-menerus mengembangkan kepramukaan di Kabupaten Pasaman, mengingat gerakan pramuka merupakan wahana yang efektif untuk membangun bangsa khususnya melalui generasi muda, diantaranya untuk penguatan nasionalisme, pembentukan karakter, dan penguatan jati diri terhadap generasi muda khususnya generasi muda Pasaman," tandasnya. 

Pada  upacara itu Kamabicab Pasaman didampingi Ketua Kwarcab Pasaman juga menyerahkan dan memasangkan piagam lencana pancawarsa Kepramukaan kepada empat orang pembina Pramuka Pasaman yakni, Asmini merupakan pelatih Pusdiklatcab Pasaman menerima piagam Lencana Pancawarsa I, H. Yulius Sabri Anggota Mabiran Rao menerima piagam Lencana Pancawarsa I, Wati Oktavia pembina gudep menerima piagam Lencana pancawarsa I, dan Mulyadi pembina gudep menerima piagam lencana pancawarsa I.

Selanjutnya, usai upacara dilanjutkan dengan penampilan PBB bertongkat oleh siswa siswi MTsN 2 Pasaman. Peserta PBN bertongkat itu, merupakan peserta yang akan mewakili Pasaman pada  lomba Giat Prestasi Tingkat Sumbar yang akan dilaksanakan di Tanah Datar pada bulan September 2019 mendatang.

Kemudian, pada acara itu ditutup dengan acara penyerahkan tropi dan piagam kepada para pemenang lomba PBB bertongkat tingkat penggalang, penegak, dan pembina se Kabupaten Pasaman yang telah dilaksanakan di pelataran GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping beberapa waktu lalu. (Noel/Humas)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER