Ruang Iklan Anda

22 July 2019

Tiga Ranperda Masuk Pandangan Umum Fraksi-fraksi, Begini Catatan Fraksi Nasdem DPRD Sumbar


PADANG(GemaMedianet.com— Tiga Ranperda yang telah disampaikan gubernur dalam nota penjelasannya  pada 15 Juli 2019 lalu, memasuki tahapan penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi dalam rapat paripurna DPRD Sumatera Barat, Senin (22/7/2019).

Ketiga ranperda itu yakni Ranperda tentang rencana tata ruang kawasan strategis provinsi Danau Singkarak tahun 2019-2039. Ranperda tentang persandian untuk pengamanan informasi, dan Ranperda tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan Provinsi Sumatera Barat tahun 2014-2025.

Di kesempatan itu sembilan fraksi secara bergiliran menyampaikan pandangan umumnya, diantaranya Fraksi Partai Nasdem melalui juru bicaranya, Endarmy.

Ia menyampaikan, setelah mencermati dan menganalisa terhadap deskripsi materi Ranperda Kawasan Strategis Provinsi Danau Singkarak Tahun 2019-2039, Fraksi NasDem memberikan beberapa pertanyaan dan catatan penting sebagai masukan bagi pemerintah daerah di masa datang. 

"Pertanyaan dan catatan penting diantaranya pertama, apakah yang menjadi landasan hukum dan kerangka pemikiran terhadap Ranperda tentang Rencana Tata Ruang (RTR) Kawasan Strategis Danau Singkarak?, sebutnya. 

Kedua, Danau Singkarak yang menjadi kawasan perencanaan memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, namun belum terkelola dengan baik. 

"Sehubungan dengan hal ini langkah apa yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menarik wisatawan untuk berkunjung kembali ke kawasan Danau Singkarak baik itu wisatawan lokal dan mancanegara, mohon penjelasannya?, ujarnya. 

Ketiga, saat ini yang menjadi permasalahan utama di kawasan Danau Singkarak adalah banyaknya didirikan bangunan berupa rumah tinggal, rumah makan dan masjid. Bahkan beberapa bangunan dibangun menjorok ke daerah perairan Danau Singkarak. Untuk mengatasi permasalahan ini langkah seperti apa yang akan saudara gubernur lakukan, mohon penjelasan. 

Keempat, saat ini spesies asli Danau Maninjau yaitu Ikan Bilih terancam punah, karena banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya kualitas air Danau Singkarak sudah mulai tercemar. Untuk mengatasi hal tersebut, antisipasi apa yang akan dilakukan oleh Pemerintah?

Kelima, jalan raya yang ada di pinggir Danau Singkarak merupakan jalan utama yang menghubungkan beberapa kabupaten /kota di Sumatera Barat, namun saat ini kondisi jalan yang ada di pinggir Danau Singkarak rawan terjadi bencana longsor. Untuk mengatasi masalah ini langkah seperti apa yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat?

Selanjutnya, untuk Ranperda tentang penyelenggaraan persandian untuk pengamanan infomasi, mengingat program dan kegiatan menggunakan basis teknologi informatika (IT), pengelolaan dan pemeliharaannya membutuhkan SDM yang qualified, kompeten, komitmen untuk menjamin kontinuitas jalannya program. Terobosan seperti apa yang akan dilakukan untuk menciptakan SDM yang memenuhi kriteria tersebut?

Fraksi NasDem juga meminta kepada eksekutif, sebut Endarmy, agar penyelenggaraan persandian untuk pengamanan infomasi diatur melalui peraturan daerah bukan peraturan gubernur, sehingga lebih membuka partisipasi dan kontrol dari publik serta DPRD, mohon tanggapan? 

Terakhir, Fraksi NasDem juga mengingatkan penyelenggaraan persandian untuk pengamanan infomasi jangan sampai menghilangkan substansi yang ada, misalnya partisipasi masyarakat. Serta jangan sampai membuat pemerintah beranggapan tidak perlu lagi memberikan informasi kepada masyarakat. 

"Mohon tanggapan dari gubernur ?, tukas Endarmy, satu-satunya Bundo Kanduang yang digadang-gadangkan maju sebagai calon Bupati Padang Pariaman. (uki) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER