Ruang Iklan Anda

14 July 2019

Target Serapan 2019 Bulog Sumbar, 1000 Ton Berasal Dari Petani Pessel


PESSEL(GemaMedianet.com—  Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Divisi Regional (Divre)  Badan Usaha Logistik (Bulog) Provinsi Sumatera Barat, dalam serapan Gabah di masa datang. 

Hal itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni saat melakukan pertemuan dengan Kepala Divre Bulog Provinsi Sumatera Barat, Muhammad Anwar, di rumah dinas bupati, di Painan, Jumat (12/7/2019).

Bupati menyatakan, dengan kerjasama ini diharapkan dapat membantu petani dalam memasarkan hasil panen, terutama Padi pada saat panen raya.

Dijelaskan, Pessel memiliki varitas Padi unggulan seperti Rajo Pasisie dan Cisokan Kubang, jika dikelola dan dipasarkan dengan baik dapat menyaingi beras lokal kabupaten lainnya.

Untuk itu kepada pihak Bulog diharapkan dapat membantu petani dalam memasarkan beras unggulan Pessel tersebut.

Ditambahkannya, Pessel mendukung sepenuhnya Bulog Sumbar. Untuk kerjasama pada masa yang akan datang, bupati menginstruksikan dinas terkait untuk menfasilitasi pertemuan antar Perum Bulog dengan Petani Pessel.

"Pertemuan antara Bulog dengan petani dalam waktu dekat segera dilaksanakan," kata Hendrajoni.

Sebelumnya, Kepala Divre Bulog, Muhammad Anwar mengemukakan, pertemuan dengan Bupati Pessel sangat penting, karena Pessel merupakan kabupaten terbesar mensuplay gabah kepada Bulog.

"Sampai bulan ini, Bulog Sumbar telah membeli 1000 ton gabah dari petani Pesisir Selatan," terang Anwar.

Dikatakan, Bulog Sumatera Barat tahun 2019 memiliki target serapan gabah sebesar 10 ribu ton. Target tersebut sampai saat ini baru bisa dicapai sebesar 1000 ton, atau 10 persen dari target. Dan Gabah sebanyak 1000 tersebut diperoleh dari petani Pesisir Selatan.

Dijelaskan, Bulog memiliki bisnis proses pada dua cabang yaitu hulu dan hilir. Di bagian hulu Bulog Sumbar sudah melakukan kerjasama dengan tiga Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Pessel, khusus pembelian beras premium.

Sedangkan di hilir, Bulog Sumbar telah memiliki 16 outlet Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK). 

"Oulet Sahabat RPK merupakan outlet binaan Bulog yang menjadi jaringan distribusi Bulog untuk menjual kebutuhan pangan seperti Beras, Gula, Tepung, Daging, Bakso, Sosis dan  Kopi," tukasnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas Pangan, Avis, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Nuzirwan. Kemudian Kepala Dinas Perizinan, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, serta Kabag Humas dan Protokoler Rinaldi. (pr/doni) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER