30 July 2019

Realisasi Fisik dan Keuangan Triwulan II Rendah, Banyak SKPD Kota Padang Terevaluasi


PADANG(GemaMedianet.com— Sekda Kota Padang, Amasrul, mewanti-wanti SKPD yang pencapaian realisasi fisik dan keuangannya masih rendah hingga triwulan II untuk segera melakukan evaluasi internal dan “duduk bersama” dengan Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pengadaan dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

“Segera koordinasikan dan sampaikan kendala yang dihadapi biar bisa diselesaikan secara bersama. Terutama bagi SKPD yang rendah serapan,” ujar Amasrul pada Rapat Evaluasi dan Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Triwulan II Tahun 2019 Di Aula Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang, Air Pacah, Selasa (30/7/2019).

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan masing-masing SKPD sampai Juni 2019, realisasi fisik kegiatan pembangunan secara keselurahan baru mencapai 47,82 persen, dengan kata lain belum mencapai target yang ditetapkan Pemko Padang sebesar 57,53 persen. 

Sedangkan untuk realisasi keuangan, baru mencapai 28,87 persen. Capaian tersebut juga belum memenuhi target yang ditetapkan sebesar 55,35 persen.

“Berarti, terjadi deviasi sebesar 9,71 persen untuk realisasi fisik dan 26,48 persen untuk realisasi keuangan,” ulas Amasrul.   
  
Begitu juga halnya dengan SKPD atau Pengguna Anggaran yang mengelola DAK, Sekda Amasrul memberikan arahan agar mencermati dan mempedomani aturan yang memayungi pengunaan DAK tersebut. 

“Kita perlu menyiapkan cara untuk meminimalisir resiko terkait dengan mekanisme pencairan dana yang semakin ketat. Apalagi menyangkut pencairan dan penggunaan DAK,” imbuhnya lagi.

Sementara, Kabag Pembangunan, Hermansyah mengatakan, Rapat Evaluasi dan Koordinasi Pembangunan Triwulan II bertujuan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di masing-masing SKPD. Juga mengindentifikasi dan mengantisipasi permasalahan yang timbul, serta pengambilan tindakan antisipasi sedini mungkin, sehingga pelaksanaan pembangunan bisa dilaksanakan sesuai target yang telah ditetapkan. 

“Kita ingin pelaksanaan pembangunan tahun anggaran 2019 bisa optimal, taat azas, efisien dan efektif,” kata Hermansyah.

Rapat tersebut diikuti para Asisten, Inspektur, para Kepala Dinas, PA, PPK dan PPTK dari 52 SKPD di lingkungan Pemko Padang. (HumasPadang)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER