31 Juli 2019

Pesisir Selatan Terima Kucuran Dana APBN Rp17,5 Miliar Untuk Rehab 1000 RTLH


TARUSAN(GemaMedianet.com— Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat tahun ini mendapatkan kucuran dana sebesar Rp.17,5 Miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Republik Indonesia untuk pembangunan rehab 1000 unit  Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Hal tersebut disampaikan Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni, dalam acara menyerahkan secara simbolis buku rekening untuk Program RTLH bagi masyarakat Nagari  Kampung Baru Korong Nan Ampek Sungai Lundang Kecamatan Koto XI Tarusan, Rabu (31/7/2019).

Dikatakan, untuk satu unit rumah penerima bantuan mendapatkan dana masing-masing sebesar Rp.17.500.000-, yang  disalurkan secara non tunai kepada penerima bantuan.

Pada penyerahan Buku Rekening Program RTLH di Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek, Bupati Hendrajoni didampingi Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertahanan (Perkimtan) Mukhridal, Camat Koto XI Tarusan, Denny Anggara, Kabag Humas dan Protokoler, Rinaldi,  Ketua KAN Sungai Lundang dan sejumlah wali nagari.

Disebutkan, dari 1000 unit rumah tersebut, 800 unit dialokasikan untuk Kecamatan Koto XI Tarusan, sementara sisanya 200 unit tersebar di beberapa kecamatan.

Menurut bupati, besarnya jumlah alokasi bantuan RTLH untuk Kecamatan Koto XI Tarusan disebabkan Koto XI Tarusan merupakan kawasan strategis pariwisata nasional, dan Koto XI Tarusan juga ditetapkan sebagai Kawasan Pengembangan Perdesaan Nasional. 

Sementara, Kepala Dinas Perkimtan, Mukhridal menjelaskan, dari 800 unit rehab RTLH sebanyak 210 unit sudah dalam pengerjaan, sisanya 590 dalam tahap penyerahan buku rekening.

Untuk 590 unit tersebut penerimanya dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok I, berjumlah 285 unit yang tersebar pada lima nagari, masing-masing Nagari Siguntur, Siguntur Tuo, Kampung Baru Korong Nan Ampek, Taratak Sungai Lundang dan Nagari Barung Barung Belantai.

Sedangkan Kelompok II, kata Mukhridal, berjumlah 305 unit yang tersebar di nagari. Batu Ampa Selatan, Nagari 
Duku, Duku utara, Barung Barung Belantai Tengah, Barung Barung Selatan dan Barung Barung Selatan Timur. 

"Namun untuk kelompok II, penyerahan buku rekeningnya akan dilakukan secara simbolis pada hari Senin (5/8) mendatang," katanya. (pr/don) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan