02 July 2019

Peringatan Harganas XXVI, Desrizal : Optimalkan Delapan Fungsi Keluarga


PASAMAN(GemaMedianet.com— Tingkatkan peran serta pemerintah, mitra kerja, swasta, masyarakat dan keluarga tentang pentingnya penerapan delapan fungsi keluarga secara optimal dalam rangka pembentukan karakter sejak dini, untuk mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Desrizal, SKM. M.Kes, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) Kabupaten Pasaman dalam sambutannya pada peringatan Harganas ke XXVI di halaman Kantor Bupati Pasaman, Senin (1/7/2019).

Selanjutnya Kepala DPP-KB Kabupaten Pasaman Desrizal. SKM. M.Kes menambahkan dalam laporan kepanitiaan saat pembukaan acara Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke- XXVI tingkat Kabupaten Pasaman
1. Meningkatkan peran serta stakeholder dan mitra kerja serta masyarakat dalam peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.
2. Meningkatkan kesadaran keluarga dalam penerapan delapan fungsi keluarga.
3. Meningkatkan peran keluarga dan masyarakat dalam pembentukan karakter sejak dini.
4. Terlaksananya empat pendekatan ketahanan keluarga.

Dengan memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang ke-XXVI tahun 2019 dengan melibatkan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Daerah kabupaten Pasaman sekaligus Launching “Gerakan Kembali ke Meja Makan”, tingkat Kabupaten Pasaman.

Lebih jauh Desrizal  memaparkan delapan fungsi keluarga, yakni 1. Fungsi Agama 2. Fungsi Cinta Kasih 3. Fungsi Perlindungan
4. Fungsi Ekonomi 5. Fungsi Pendidikan 6. Fungsi Reproduksi 7. Fungsi Sosial Budaya 8. Fungsi Lingkungan

Menanggapi arahan Bupati Pasaman pada peringatan Harganas tersebut, Desrizal metode "1821", bahwa  Bupati ingin menyampaiakan bahwa waktu untuk keluarga sangatlah penting minimal mulai jam 6 sore sampai jam 9 malam anggota keluarga secara bersama-sama melakukan aktivitas yang mengarah pada nuansa kebersamaan. 

"Bagi yang muslim menjalankan shalat, mengaji, dilanjutkan makan malam, belajar atau berdiskusi antar anggota keluarga yang diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga yang akan mewujudkan terciptanya ketahanan keluarga," papar Desrizal. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER