10 July 2019

Peresmian Pemagangan Dalam Negeri Disnakertrans Sumbar 2019, Nasrizal : Peluang Berkompeten dan Siap Kerja

Kepala Disnakertrans, Nasrizal di sela-sela Peresmian Pemagangan Dalam Negeri Disnakertrans Sumbar Tahun 2019 (GemaMedianet.com/Marah Htb) 
PADANG(GemaMedianet.com— Pasar kerja membutuhkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan, keahlian, sikap/perilaku dan pengalaman di dunia industri dan jasa. Oleh karena itu setiap calon tenaga kerja yang akan masuk pasar kerja, adalah mereka yang berkompeten dan siap kerja.

"Untuk masuk pasar kerja itu adalah mereka yang telah siap dan memiliki pengetahuan, keterampilan, keahlian, sikap/perilaku dan pengalaman. Mereka adalah tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terutama, serta tamatan DIII dan S1," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Nasrizal kepada GemaMedianet.com usai membuka kegiatan "Peresmian Pemagangan Dalam Negeri Disnakertrans Sumbar Tahun 2019" di Padang, Rabu (10/7/2019).

Ia menyebutkan, cara siap masuk pasar kerja adalah dengan jeli mengamati setiap peluang yang ada. Ketika peluang itu sudah didapatkan, maka segera siapkan spesifikasi atau keterampilan yang dibutuhkan pasar kerja. 

Oleh karena itu, sebut Nasrizal, satu tahun sebelum tamat sebaiknya siswa-siswi khususnya SMK tidak hanya berpikir untuk sukses ujian nasional (UN) saja, tetapi juga jeli melihat peluang kerja. 

"Manfaatkan juga waktu untuk melihat peluang kerja, dan seperti apa persiapan yang akan dilakukan nantinya," ujarnya.


Nasrizal juga menghimbau, ketika ada program-program pemerintah jangan lagi dikritisi, namun ikuti saja. "Jangan kita ketinggalan, ketika orang lain mengambil. Sementara kita sibuk cerita, ternyata orang lain jalan terus," tukasnya. 

Bahkan, jangan sampai ada istilah "Setelah tamat, saya siap nganggur" dan itu prinsip yang tidak benar. "Yang ada itu "Kita harus rebut peluang", dan ini lah yang benar," cakap Nasrizal. 

Sekaitan itu, lewat kegiatan "Pemagangan Dalam Negeri Disnakertrans Sumbar Tahun 2019" ke berbagai  perusahaan yang diikuti sebanyak 300 peserta berasal dari 19 kabupaten/kota se Sumatera Barat tersebut, Nasrizal menyampaikan tiga tips kepada peserta pemagangan.

"Pertama, bekerja dengan baik. Kedua, Tanamkan dalam diri setelah bekerja ini, Insyaallah saya dapat pekerjaan tetap. Ketiga, ketika saya mendapatkan kesempatan pemagangan dibanding teman-teman se angkatan lain, mudah-mudahan langkah saya diringankan Allah Subhanu Wa Ta'ala," pungkasnya. (uki) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER