18 July 2019

Bakti Sosial di Puskesmas Ulakan Tapakis, Kadis Kesehatan Merry Yuliesday Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat dan Perilaku Sehat


PADANGPARIAMAN(GemaMedianet.com— Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Dr.Hj.Merry Yuliesday, MARS menghadiri kegiatan bakti sosial yang digelar di Puskesmas Ulakan di Jalan Syekh Burhanuddin No.76 Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (18/7/2019).

Kegiatan bakti sosial (Baksos) dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharma Karini ke-19 tersebut juga dihadiri Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Priyanto, SH, MH, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur,SE, MM, unsur FORKOPIMDA, Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman dan Kepala RSUD Padang Pariaman serta Kepala OPD terkait.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Hj.Merry Yuliesday mengatakan, bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Bersamaan dengan momen Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 ini, Merry menghimbau kepada pihak Rumah Sakit maupun Puskesmas di Sumbar untuk memberikan pelayanan yang maksimal, sehingga tidak ada masyarakat setempat yang mengeluhkan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit maupun puskesmas.


Begitu juga kepada masyarakat, ia mengajak memanfaatkan sarana pelayanan kesehatan yang ada. Seperti melakukan konsultasi dengan petugas kesehatan setempat, sehingga dapat diketahui cara menjalankan tindakan pencegahan untuk menghentikan berkembangnya berbagai macam penyakit bagi pasien yang memiliki faktor resiko.

"Jadi, jangan tunggu sakit dulu baru ke rumah sakit atau puskesmas. Oleh itu mari jaga pola hidup sehat, perilaku sehat," ujar Merry Yuliesday kepada GemaMedianet.com di sela-sela kegiatan Bakti sosial di bidang kesehatan tersebut.

Pantauan media ini seluruh tamu yang hadir dapat melihat langsung pelayanan Puskesmas Ulakan Tapakis yang bersih, rapi dan tertib dalam melayani pasien, dan dikesempatan itu juga diserahkan bingkisan untuk pasien yang mengikuti bakti sosial.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman, Kharul Syaf mengatakan, untuk menindak lanjuti himbauan Kemenkes RI terkait peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, Puskesmas Ulakan sendiri memberikan pelayanan khusus dengan mendatangi rumah - rumah warga guna memeriksa kesehatan masyarakat yang dikunjungi.

Merry Yuliesday
Selain itu Puskesmas Ulakan juga memberikan edukasi tentang bagaimana menjaga kesehatan dengan baik dan juga membuka wawasan kepada masyarakat yang didatangi rumah-rumahnya agar senantiasa mengatur pola makan, olahraga teratur dan menghimbau bagi para perokok untuk tidak merokok didekat anak-anak.

Khairul Syaf menambahkan, Puskesmas Ulakan saat ini juga berupaya untuk menekan angka kematian ibu hamil dan bayi saat melahirkan.

"Alhamdulillah, semenjak kami menerapkan kegiatan pelayanan kesehatan dengan mendatangi rumah-rumah warga, angka kematian ibu dan anak di Kenagarian Ulakan berkurang," kata Khairul yang sudah menjabat Kepala Puskesmas Ulakan sejak dua tahun terakhir.

Seperti diketahui, pelaksanaan Bakti Sosial keluarga besar Adhyaksa (Kajati Sumbar dan Kajari Pariaman) di Padang Pariaman mengambil lokasi di dua tempat, hari pertama di Puskesmas Patamuan dan di hari kedua di Puskesmas Ulakan Tapakis. (mr)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER