26 July 2019

APBD Perubahan Kabupaten Pasaman Tahun 2019 Bertambah 12 Miliar Rupiah


PASAMAN(GemaMedianet.com— Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Pasaman Tahun Anggaran 2019 diproyeksikan akan bertambah hampir  12 Miliar.

Hal tersebut terungkap setelah pembahasan perubahan APBD Kabupaten Pasaman tahun 2019 antara Pemerintah Kabupaten Pasaman dan DPRD dilaksanakan dalam rangka percepatan proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Kabupaten Pasaman tahun 2019.

Perubahan APBD bukan hanya penambahan atau pengurangan anggaran yang telah ditetapkan dalam APBD tahun berjalan, namun lebih komprehensif dari itu yaitu menyesuaikan kembali antara pendapatan dan belanja yang telah direncanakan pada APBD awal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Drs. Maraondak menegaskan kembali tentang hal tersebut ketika diminta komentarnya sekaitan dengan pembahasan APBD Perubahan Kabupaten Pasaman tahun anggaran 2019 tanggal 21 hingga 24 Juli lalu.

Kepala Bappeda Pasaman Choiruddin Batubara ketika diminta tanggapannnya di ruang kerjanya mengatakan, perubahan APBD tahun 2019 dimaksud untuk menyesuaikan kembali asumsi-asumsi yang tidak sesuai dengan perencanaan awal Kebijakan Umum Anggaran (KUA), baik asumsi makro, target pendapatan, belanja, pembiayaan pembangunan yang sedang dilaksanakan hingga program kegiatan pembangunan dan pendanaannya dapat mencapai sasaran yang diharapkan.

Tambahnya, ada tiga hal yang mendasari perlunya dilaksanakan perubahan APBD Kabupaten Pasaman tahun 2019, pertama penyesuaian terhadap keseluruhan pendapatan daerah seperti PAD, bantuan keuangan, pengalokasian dana otonomi lainnya, kedua penyesuaian terhadap beberapa target belanja daerah, ketiga penyesuaian terhadap beberapa perencanaan pembiayaan daerah seperti penyesuaian SILPA tahun 2018, penyesuaian penyertaan modal pemerintah daerah ke PDAM dan Bank Nagari sesuai ketentuan berlaku.

Lebih lanjut dijelaskan, tujuan dari penyusunan rancangan KUA perubahan APBD tahun anggaran 2019 yaitu 1) Mengakomodir perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA, terutama komposisi jumlah pendapatan, penyesuaian SILPA serta perubahan belanja daerah, 2) Adanya kebijakan yang perlu diakomodir yang tidak teranggarkan pada APBD awal, 3) Menyesuaikan dan mengoptimalkan pencapaian target program dan kegiatan tahun 2019.

“Proyeksi perubahan APBD Kabupaten Pasaman tahun anggaran 2019 naik Rp11.946.453.395 dari APBD awal tahun anggaran 2019 sebesar Rp1.061.936.956.544. Direncanakan APBD perubahan Kabupaten Pasaman tahun anggaran 2019 bertambah menjadi Rp.1.073.883.409.939,” kata Choiruddin Batubara didampingi Kabid Fisik dan ekonomi Gunawan mengakhiri. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER