28 June 2019

Popda Padang 2019, Jaring Atlet Pelajar Berbakat dan Potensial


PADANG(GemaMedianet.com— Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Sekolah Lanjut Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) sederajat se-Kota Padang, Rabu (26/6/2019).

Kegiatan yang berlangsung hingga Sabtu (29/6) tersebut dibuka oleh Walikota Padang yang diwakili Staf Ahli Walikota, Azwin di GOR Haji Agus Salim Padang. 

Turut hadir pada kesempatan itu Kepala Bidang Olahraga Dispora Kota Padang Yuherdi, Kasi Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Dispora Padang Syafrizon, Pengurus cabang (Pengcab) PBVSI, Taekwondo dan Tarung Derajat, serta undangan lainnya. 

Walikota Padang dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Walikota Padang, Azwin menyatakan, pengembangan olahraga merupakan bagian dari upaya pemerintah meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang diarahkan pada peningkatan kesehatan jasmani, mental dan rohani masyarakat yang ditujukan untuk pembentukan watak, kepribadian, disiplin dan sportifitas yang membangkitkan rasa kebangsaan nasional.

Sekaitan itu maka pelajar merupakan bagian yang integral, mengingat usia mereka yang masih muda dan sangat memungkinkan untuk berkembang menuju prestasi olahraga nasional dan internasional. 

"Popda Kota Padang yang digelar hari ini merupakan bagian dari sistim pembinaan olahraga prestasi yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan," ujarnya. 

Selain itu juga merupakan sarana tindak lanjut dari hasil pembinaan yang dilaksanakan mulai tingkat sekolah, klub olahraga pelajar dan kecamatan. 

"Atlet pelajar terbaik yang terpilih melalui pertandingan atau seleksi tingkat sekolah dan kecamatan akan bertarung kembali pada Popda tingkat Kota Padang ini. Tujuannya untuk membentuk kontingen Kota Padang menuju Popda tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan selanjutnya tingkat regional serta nasional (popnas)," jelasnya sembari mengingatkan wasit dan juri agar bertugas dan melakukan penilaian secara objektif.

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana Mursalim, yang juga Kepala Dispora Kota Padang dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan penyelenggaraan Popda Kota Padang adalah untuk memberikan peluang, kesempatan dan pengalaman bertanding pada atlet pelajar berbakat dan potensial dari setiap sekolah untuk menampilkan kebolehannya dalam prestasi olahraga yang digelutinya. 

Menurutnya, Popda Kota Padang juga sebagai sarana untuk mengevaluasi hasil pembinaan olahraga pelajar yang dilakukan oleh sekolah, klub olahraga pelajar dan kecamatan.

Selain itu, lanjutnya, Popda sebagai arena pemantauan pemanduan bakat bagi atlet pelajar berbakat dan potensial, untuk pembinaan lebih lanjut.

Ia berharapan, dengan menyeleksi dan mempersiapan atlet-atlet serta pelatih tersebut dapat lebih menguatkan kontingen Popda Kota Padang untuk melaju ke Popda tingkat Provinsi.

"Dengan demikian tujuan membentuk kontingen Popda Kota Padang tersebut benar-benar berkualitas dan dapat berprestasi ke tingkat selanjutnya," jelasnya. 

Ia juga menyampaikan, Popda berlangsung mulai tanggal 26 hingga 29 Juni dengan mempertandingkan tiga cabang olahraga (cabor) diantaranya bola voly pasir putera dan puteri, taekwondo putera dan puteri, serta tarung derajat putera dan puteri. 

"Bola voly pasir dan Taekwondo masing-masing mengambil lokasi di Lapangan dan Gedung beladiri GOR Haji Agus Salim, sedangkan Tarung derajat di Gedung kawah derajat Sumbar," ujarnya.

Sedangkan pesertanya sebanyak 260 orang berasal dari SMP/MTs dan SMA/MA/SMK negeri dan swasta se Kota Padang. "Mereka terdiri dari 140 pelajar putera dan 120 pelajar puteri," tukasnya. (uki) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER