01 June 2019

Bimtek Alat Kelengkapan Dewan Bermanfaat Besar Bagi Kinerja Legislasi DPRD Pasaman ke Depan


PASAMAN(GemaMedianet.com— Kepala Bagian Umum dan Keuangan DPRD Pasaman, Delsi Syafei menilai Bimbingan Teknis (Bimtek) Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Anggota DPRD Kabupaten Pasaman sangat terasa manfaatnya.

Bimtek AKD yang dilaksanakan pada 26 hingga 30 Mei 2019 di Hotel Dyan Graha Pekanbaru, sudah mulai terasa manfaatnya.

"Sangat besar pengaruhnya terhadap kinerja legislasi DPRD Kabupaten Pasaman setelah diadakannya Bimtek," ungkap Delsi, Kemarin.

Dijelaskan, Bimtek yang merupakan salah satu bentuk persamaan persepsi bagi keseluruhan anggota DPRD yang terdiri dari berbagai macam latar belakang, agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, terutama dalam hal kinerja legislasi.

Ia menambahkan, Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014, Pasal 1 ayat (4) menyatakan, bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang selanjutnya disingkat DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Daerah yang di dalamnya termasuk pengelolaan keuangan daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, salah satu pasalnya menjelaskan bahwa "pengawasan atas keuangan daerah dilakukan oleh dewan".

DPRD menjalankan kewajibannya dalam menyerap, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang diwakilinya dalam konteks menjalankan hak DPRD di bidang keuangan dan administrasi khususnya dalam hal pengelolaan anggaran pembangunan, tambahnya lagi.

Menurut dia, bagi legislator yang terpilih pada Pemilu 17 April 2019 dan yang akan memulai kiprahnya sebagai anggota DPRD tentunya membutuhkan waktu dan kemauan keras untuk beradaptasi, agar menjadi anggota DPRD yang kredibel dan handal dalam mengemban amanat rakyat yang diwakilinya, baik melalui diklat fungsional maupun seminar pengembangan kapasitas anggota DPRD, semuanya itu tentu membutuhkan waktu. Namun kondisi lingkungan kerja seorang legislator saat ini dibutuhkan kecepatan dalam bertindak.

"Untuk menjadi anggota dewan yang kredibel dan handal, anggota dewan terpilih untuk periode 2019-2024 yang akan datang harus segera beradaptasi, sehingga dapat besinergi dengan sesama anggota dan Pemerintah Kab. Pasaman," pungkas Delsi Syafei. (Noel/HumasDPRD)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER