28 May 2019

Wagub Nasrul Abit : LKS Motivasi Siswa SMK Bersaing di Dunia Usaha dan Industri


PADANG(GemaMedianet.com— Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke XXVII Tahun 2019 yang digelar sejak tanggal 24 - 27 Mei 2019 dan diikuti sebanyak 172 Siswa pilihan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) se Sumatera Barat (Sumbar), ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit di Hotel Axana Padang, Senin (27/5/2019).

Kegiatan yang memperlombakan 23 bidang lomba ini bertujuan memberikan motivasi peningkatan prestasi kompetensi masing-masing bidang keahlian agar siap memasuki revolusi industri 4.0.

"Dengan adanya LKS ini, siswa SMK diharapkan mampu bersaing di dunia industri," ungkap Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dalam sambutannya. 

Acara penutupan LKS ini turut dihadiri para juri dan dunia usaha atau industri, seperti Haleyora (Provider PT. PLN), PT. Kunango Jantan, Auto 2000 Chatib Sulaiman, PT. Hayati, PT. Semen Padang dan beberapa hotel di Padang serta para Kepala Sekolah SMK Negeri se Sumbar. 

Wagub juga menyampaikan, LKS merupakan salah satu upaya memfasilitasi lulusan SMK untuk menembus dunia kerja, dunia usaha dan dunia industri serta pemangku kepentingan lainnya. 

Menurutnya, tamatan SMK harus mampu bersaing dan memiliki keahlian sertpa keterampilan. Oleh karena itu lewat kegiatan LKS siswa SMK diharapkan bisa memiliki kompetensi yang tinggi serta menguatkan sinergitas dengan pihak dunia usaha.

Masih menurut wagub, keberhasilan sebuah SMK dilihat dari beberapa banyak lulusannya yang diterima dunia usaha dan dunia industri.

"Untuk mewujudkan hal itu, kepala sekolah harus bisa menghadirkan pendidikan yang bermutu dengan cara, menyelaraskan kurikulum sesuai kebutuhan dunia usaha, mengupdate kompetensi guru, menerapkan sistem pembelajaran berbasis HOTS dan melengkapi sarana pembelajaran," ujarnya

Wagub mengharapkan Universitas Negeri Padang (UNP) bisa memberikan asistensi dan bimbingan, agar terjadi peningkatan kualitas pelaksanaan LKS setiap tahunnya.

"Dengan demikian setiap peserta LKS dapat bisa berinovasi dan bisa berkreativitas, sehingga para pemenang tingkat Sumbar bisa bertanding tingkat Nasional dengan penuh semangat dan percaya diri," tutur Nasrul Abit.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan, Adib Alfikri melaporkan, kegiatan LKS SMK dilaksanakan selama empat hari, 24 - 27 Mei 2019 dengan 172 peserta berasal dari 18 kabupaten/kota di empat lokasi yaitu Fakultas Teknis UNP, SMK Negeri 1 Padang, SMKN 6 dan SMKN 9 Padang.

Setiap bidang dinilai oleh juri yang berasal dari Universitas Negeri Padang (UNP) atau akademisi dan dunia usaha industri berjumlah 49 orang juri dan 23 orang teknisi. Sedangkan hadiah, bagi juara l mendapatkan piala dan tabungan sebesar Rp.1.500.000, juara II piala dan tabungan sebesar Rp.1.000.000, serta juara III piala dan tabungan sebesar Rp.750.000.

Lebih lanjut Adib Alfikri, kegiatan tahunan ini untuk memberi semangat bagi para siswa SMK khususnya di Sumbar dalam menciptakan inovasi baru agar mampu bersaing dalam revolusi industri 4.0.

“Dengan adanya inovasi dari kompetensi siswa SMK yang cerdas, kedepannya diharapkan akan mampu bekerjasama dengan para pelaku usaha dan industri, guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan mandiri,” ucapnya.

Sementara, Rektor UNP Prof.Drs.H. Ganefri, M.Pd., Ph.D menambahkan, siswa SMK harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang banyak, karena lulusan SMK adalah tidak hanya berorientasi mencari lapangan pekerjaan baru, namun juga menciptakan berdasarkan berdasarkan keahliannya masih-masing.

"Lulusan SMK harus bisa mengurangi pengangguran yang ada di Sumbar, untuk tidak banyak lagi hal yang merugikan orang banyak," tukasnya.

Terakhir, pemenang LKS tingkat provinsi mendapatkan dukungan dari UNP. "Sesuai dengan komitmen dan kerjasama dengan SMK, maka bagi siswa pemenang LKS tingkat provinsi bisa menjadi mahasiswa baru UNP tanpa melalui tes," tukas Rektor UNP. (pna) 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Florikultura Indonesia 2019 dan Pedatani

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER