11 Mei 2019

Masyarakat Nagari Lansek Kodok Desak Pemkab dan DPRD Pasaman Segera Normalisasi Sungai Batang Sumpur


PASAMAN(GemaMedianet.com— Masyarakat Nagari Lansek Kodok, Kecamatan Rao Selatan meminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat mengupayakan penganggaran pengentasan daerah rawan banjir di daerah tersebut.

Seperti Kampung Tanjung Durian, Nagari Lansek Kodok. Daerah ini merupakan langganan banjir luapan Sungai Batang Sumpur. Saat musim hujan dengan intensitas tinggi turun, pemukiman warga sudah biasa digenangi air dengan keyinggian mencapai satu Meter. Belum lagi lahan pertanian warga turut rusak parah dilanda banjir tersebut.

"Untuk itu kami sangat meminta pihak Pemerintah bersama DPRD Pasaman menganggarkan normalisasi Sungai Batang Sumpur ini sesegera mungkin," ujar masyarakat yang diwakili Walinagari Lansek Kodok, Antoni kepada Tim III Safari Ramadhan saat berkunjung di Masjid Al Muttaqin Tanjung Durian, Nagari Lansek Kodok, Kecamatan Rao Selatan, Kamis (10/5/2019).

Menurut Antoni, jika kondisi tersebut terus dibiarkan dikwatirkan bisa menelan korban materil bahkan jiwa yang cukup besar.

"Belum lagi perasaan masyarakat yang selalu dihantui rasa was-was jika sewaktu-waktu banjir datang. Jika dilakukan normalisasi Sungai Batang Sumpur yang dipinggir perkampungan ini, kami yakin resiko langganan banjir ini bisa teratasi," ungkapnya.

Menanggapi harapan masyarakat tersebut, Ketua DPRD Pasaman, Yasri di kesempatan itu berjanji pihaknya sebagai penyambung lidah masyarakat akan selalu mengupayakan keluhan masyarakat tersebut direalisasikan.

Menurutnya, Sungai Batang Sumpur yang bermuara dengan Sungai Batang Asik di Rao Selatan ini memang selalu mengancam pemukiman masyarakat ketika debit air sungai membesar.

"Kami dari DPRD bersama Pemda selalu mengupayakan penganggarannya. Namun karena butuh biaya yang besar, makanya kita lakukan secara bertahap. Titik ini juga sudah menjadi prioritas daerah guna pengentasan bencana banjir di Pasaman," jawab Yasri.

Ia juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Pasaman akan terus berupaya meningkatkan Pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai perwujudan visi masyarakat Pasaman yang Sejahtera Agamis dan Berbudaya.

"Masyarakat  juga harus kompak, saling bantu membantu dan mendukung program-program Pemerintah khususnya di Nagari Lansek Kadok," tukasnya. (Noel/Humas DPRD)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan