30 April 2019

Kemenag Sumbar Luncurkan 13 Program Unggulan Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H/2019


PADANG(GemaMedianet.com— Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1440 H/2019 M Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat meluncurkan 13 program unggulan. Diantaranya Gerakan Wakaf 10.000 AlQuran, Gerakan Wakaf Uang, Tadarus Alquran berbasis IT, Tadarus AlQuran di masjid dan mushalla serta Tadarus AlQuran live di RRI Padang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H.Hendri, S.Ag, M.Pd menyebutkan, kegiatan Thaharah Masjid ini memiliki lima latar belakang.

Pertama, kegiatan ini dalam rangka menyambut dan memuliakan bulan suci ramadhan. Untuk menjalankan ibadah Ramadhan tentunya kita harus bersih secara lahir maupun batin.

Kedua, memberikan kenyamanan dan ketentraman kepada jamaah menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Dengan bersihnya lingkungan Masjid tentunya akan memberikan rasa nyaman beribadah.



Ketiga, menjalin silaturrahmi dan jembatan hati dengan masyarakat. Keempat, memotivasi keluarga besar Kementerian Agama dan masyarakat untuk mencintai Masjid.

Serta kelima, mewujudkan visi dan misi Kemeterian Agama Provinsi Sumatera Barat. 

“Kelima latar belakang ini membuktikan bahwa kita butuh masyarakat dan begitu juga sebaliknya. Hubungan saling membutuhkan ini bisa dibingkai lagi ke arah yang lebih produktif dan positif. Kita telah menjalankan fungsi kita sebagaimana seharusnya yaitu pelayan masyarakat,” ungkap Hendri seperti dilansir ritvone belum lama ini. 


Hendri juga menyampaikan, seluruh ASN Kemenag Sumbar baik yang di Provinsi maupun Kabupaten/Kota secara serentak melaksanakan kegiatan gotong royong bersama masyarakat di Masjid, Mushalla dan Surau yang telah ditentukan pada Sabtu (27/4).

Ketika itu, walau pun hujan rintik-rintik kegiatan Thaharah Masjid dalam rangka tetap dilaksanakan. ASN yang berada di Padang bergerak ke Mesjid Al Muhshinin, Jalan Kasiak Lolo Gunung Sariak Padang melaksanakan Thaharah Masjid dengan perlengkapan gotong royong yang dibawa dari rumah masing-masing.

Berdasarkan laporan dari Kemenag Kabupaten/Kota, serta dihimpun dari berbagai sumber, bahwa ada 173 Mesjid dibersihkan serentak di hari Sabtu tersebut.


Kegiatan Thaharah Masjid di 173 se-Sumatera Barat itu antara lain, Kabupaten Pesisir Selatan 15 titik, Kab. Solok 14 titik, Kab. Sijunjung 8 titik, Kab. Tanah Datar 14 titik, Kab. Padang Pariaman 17 titik, Kab. Agam 16 tiitk, Kab. Lima Puluh Kota 13 titik, Kab. Pasaman 12 titik, Kabupaten Kepulauan Mentawai 5 titik, Kab. Dharmasraya 11 titik, Kab. Solok Selatan 7 titik, Kab. Pasaman Barat 11 titik. 

Kemudian, di Kota Padang 11 tiitik, Kota Solok 2 titik, Kota Sawahlunto 4 titik, Kota Padang Panjang 2 titik, Kota Bukittinggi 3 tiitk, Kota Pakumbuh 5 titik dan Kota Pariaman 3 titik.

Masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat Sumatera Barat menyambut baik program Kemenag Sumbar tersebut dengan bahagia dan suka cita. 


Seperti diungkapkan Prof. Dr. H. Syamsul Bahri Khatib ketika dihubungi via telpon, ia menanggapi berapi-api saking senangnya melihat program kanwil yang membumi bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, saya senang dan bersyukur pada Allah dengan hadirnya program unggulan Kemenag Sumbar, khusus dengan Thaharah Mesjid se-Sumatera Barat, ini sangat positif dan perlu dilaksanakan secara berkelanjutan,” tutur Buya Syamsul Bahri mantan ketua MUI Sumatera Barat.


Di tempat yang berbeda, Zainal Abidin Thaher Ketua Dewan Pimpinan Pusat HAMTIPP, mengapresiasi program Kanwil Kemenag Sumbar yang menyentuh langsung dengan kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan, dimana ASN berbaur dengan mereka, saling bahu membahu membersihkan masjid tempat bermunajat pada Allah SWT. 

“Saya senang dan bahagia, sehingga tergerak juga ikut membersihkan masjid bersama-sama untuk menyambut bulan suci Ramadhan di tempat saya tinggal,” tukas Buya Zainal. (*) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan