13 March 2019

Kemenag Pasaman Lakukan Monitoring dan Evaluasi Penyuluh KUA Kecamatan


PASAMAN(GemaMedianet.com— Untuk memastikan jalannya kinerja penyuluh agama sesuai dengan tugas dan fungsinya di daerah masing-masing, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman melalui Seksi Bimas Islam mengelar kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev), sekaligus pembinaan kinerja Penyuluh agama non PNS di dua KUA Kecamatan, Selasa (12/3/2019).

Dua Penyuluh KUA kecamatan yang dikunjungi oleh tim monev Seksi Bimas Islam Kemenag Pasaman itu adalah, penyuluh KUA Kecamatan Panti dan, penyuluh KUA Padang Gelugur.

Kegiatan Monev tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman, Dedi Wandra diwakili oleh Kasi Bimas Islam, Hasyyunil didampinggi JFU Darosni dan Dirman.

"Dalam monev itu, kita juga ingin melihat secara langsung dan memastikan bahwa tugas kepenyuluhan apakah sudah berjalan sesuai dengan laporan bulanan," ujarnya.

Katanya, selain memperkuat sinergi silaturrahim, monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara rutin triwulan berkaitan dengan administrasi kantor dan kepenghuluan, serta kepenyuluhan ini diharapkan lebih meningkatkan peran KUA sebagai unit pelayanan keagamaan kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Hasyyunil menegaskan, sebagai penyuluh harus memahami dan merealisasikan budaya integritas yakni keselarasan antara hati, sikap dan perbuatan sesuai dengan tugas yang diembannya. Karena menurutnya, dengan semangat integritas yang dimiliki maka tugas kepenyuluhan akan berfungsi dengan baik.

Hasyyunil juga sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh dua penyuluh KUA Panti dan penyuluh KUA Padang Gelugur yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya, karena penyuluh telah mempunyai binaan di desanya masing-masing.

"Penyuluh Agama Islam adalah manusia pilihan dari Kementerian Agama  untuk melakukan pembinaan umat demi kemaslahatan hidup dunia dan akhirat. Untuk itu Penyuluh Agama harus memposisikan diri menjadi contoh dalam mengamalkan nilai-nilai Agama dalam kehidupan ditengah-tengah masyarakat," ungkapnya.

Dari hasil monev kemarin, kata Hasyyunil kinerja penyuluh di dua kecamatan yang kita kunjungi sudah baik walaupun masih ada beberapa catatan yang perlu untuk ditingkatkan ke depannya. 

Dia juga berpesan, kepada para penyuluh baik PNS maupun Non PNS yang ada di daerah ini untuk tidak ikut serta dalam pusaran politik praktis, dan jangan ikut mengshare berita-berita berbau politik serta Hoax.

"Terimakasih dan apreasiasi tim monev atas kinerja teman-teman di KUA Panti dan KUA Padang Gelugur, semoga ini menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, penyuluh KUA Kecamatan Panti, Zakaria mengapresiasi dan berterima kasih kepada TIM Monev Kemenag Pasaman, karena telah mengunjungi penyuluh di KUA Kecamatan ini.

"Kita berharap, dengan kegiatan monev ini ke depan dapat lebih mempererat silaturrahmi antar penyuluh dengan jajaran Kemenag, sehingga kita dapat saling berbagi serta dapat lebih dekat dengan semua penyuluh dimana pun mereka berada, dan dapat saling berinteraksi agar penyuluh dapat melaksanakan tugas dan fungsinya," tukasnya. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER