13 Februari 2019

Walikota Padang Himbau Generasi Muda Tak Rayakan Valentine, Bukan Budaya Minang dan Ajaran Islam


PADANG(GemaMedianet.comWalikota Padang, Mahyeldi menghimbau seluruh warga Kota Padang, terutama generasi muda untuk tidak merayakan Hari Valentine (Valentine's Day), karena bukan bagian dari budaya Minangkabau, apalagi ajaran Islam.

Himbauan ini dilakukan dalam upaya mempertahankan filosofi Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) di Ranah Minang, terutama di Kota Padang yang dikenal sebagai kota yang religius dan berbudaya. 

Dalam himbauan tersebut dikatakan bahwa perayaan valentine bukanlah tradisi yang sesuai dengan implementasi ABS-SBK, bertentangan dengan ajaran agama Islam dan cenderung merusak budaya kepatutan yang dianut orang Minang. 

Hal tersebut sejalan dengan maklumat yang pernah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatra Barat Nomor: 001/MUI-SB/II/2018 tanggal 13 Februari 2018 yang menyatakan bahwa terlibat dalam kegiatan hari Valentine dalam bentuk apapun apalagi sampai merayakannya, bagi umat Islam adalah haram, karena ikut memasyarakatkan kemaksiatan,  mensyiarkan kekufuran, melibatkan diri dalam ritual/ibadah agama lain dan menyerupai kaum kafir dalam hal yang terlarang untuk menyerupai mereka. Keseluruhan prilaku tersebut telah dilarang oleh Allah SWT dan Rasul-Nya dalam AlQuran dan Sunnah. 

Walikota juga mengharapkan peran aktif dari orang tua, guru, ninik mamak, alim ulama,  bundo kanduang, cerdik pandai dan pemuka masyarakat untuk mengingatkan dan melarang anak, kemenakan serta generasi muda untuk tidak merayakan hari Valentine, yang hanya akan berujung pada pergaulan bebas,  perzinaan,  dan kemaksiatan lainnya. 

Himbauan ini juga ditujukan kepada para pemilik hotel dan tempat hiburan agar tidak mengadakan acara dan menyediakan tempat untuk merayakan hari Valentine. (BT)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan