12 Februari 2019

Padang Panjang Sosialisasikan Gerakan Hidup Sehat Melalui Kampanye "SERAMBI MEKAH"


PADANG PANJANG(GemaMedianet.com)— Dalam menyukseskan pola hidup sehat bagi masyarakat Padang Panjang, Pemko gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan kampanye "SERAMBI MEKAH" di Hall lt. III Balaikota, Sabtu (9/2/2019).

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul yang turut dihadiri oleh Komisi IX DPR RI dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Rina Illahi, Kepala Dinas Kesehatan Nuryanuwar, A.Pt, MM, M.Kes, Ketua TP PKK yang diwakili Sekretaris PKK, serta Narasumber dari Kepala Kementerian Kesehatan RI yang diwakili oleh Subdit Penyehatan Udara dan PUTK Donal Simanjuntak, SKM, MKM.

Dalam sambutannya, Asrul mengatakan saat ini kesehatan masyarakat tengah mengalami perubahan pola penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker, diabetes dan hipertensi.

Resiko PTM menjadi semakin tinggi disebabkan oleh transisi demografi, semakin meningkatnya proporsi dan jumlah penduduk dewasa dan lanjut usia yang rentan terhadap penyakit demogratif.

"Akibat tingginya kesakitan tersebut dikarenakan perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, kebiasaan merokok dan pemakaian alkohol," sebut Asrul.

Kecenderungan masyarakat yang makan makanan olahan yang tinggi mengandung gula, garam dan lemak, ditambah dengan rendahnya mengkonsumsi buah dan sayur sehingga mengakibatkan obesitas dan gangguan pencernaan.

Promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit menular dan tidak menular.

"Hal ini memerlukan suatu gerakan yang sistematis dan terus menerus untuk mendorong masyarakat agar berprilaku hidup sehat," jelasnya.

Gerakan masyarakat hidup sehat merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kamauan dan keinginan bagi setiap orang untuk hidup sehat dan seimbang.

Upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Padang Panjang melalui Germas diharapkan dapat meningkatnya kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dengan cara melakukan aktivitas fisik secara teratur dan terukur.

"Konsumsilah sayur dan buah setiap hari, kurangi rokok dan jauhi alkohol, serta lakukan deteksi dini secara berkala dengan aksi CERDIK (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rutin berolahraga, Istirahat yang cukup dan Kelola stres dengan benar)," tambahnya.

Kampanye SERAMBI MEKAH yakninya S=Sajikan menu seimbang untuk kebutuhan gizi keluarga, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin konsumsi buah dan sayur, A=Aktivitas fisik minimal 30 menit, M=Miliki jaminan kesehatan, B=Bersalin di fasilitas kesehatan, I=Imunisasi dasar lengkap untuk bayi, M=Menimbang balita setiap bulan, E= Eratkan hubungan Ibu dan Anak dengan pemberian ASI eksklusif, K=Kelola stres, A=Ayo cuci tangan dengan bersih dan pakai sabun, H=Hindari minuman berakohol.

"Melalui Germas Hidup Sehat kita wujudkan masyarakat Padang Panjang yang peduli terhadap kesehatan, sehingga bisa meningkatnya produktifitas penduduk dan menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan di masing-masing individu," ajaknya. (Kominfo/ci/cg)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan