15 Februari 2019

Musrenbang Padang Utara, Mahyeldi : Jadikan Kecamatan Cerdas Bencana


PADANG(GemaMedianet.com— Padang Utara termasuk kecamatan yang berpenduduk paling padat dan langsung berbatas dengan pantai. Untuk itu, Padang Utara rawan terhadap bencana tsunami, sehingga perlu menyiapkan infrastruktur dan sarana prasarana yang berbasis mitigasi bencana.

“Selain melanjutkan pembangunan infrastruktur berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata, juga mempersiapkan penanggulangan kebencanaan karena daerah ini rawan bencana. Dan menjadikan kecamatan cerdas bencana," kata Walikota Padang Mahyeldi saat Musrenbang Kecamatan Padang Utara, Kamis (14/2/2019).

Dijelaskan, pelaksanaan Musrenbang mengacu kepada visi misi Wali Kota Padang 2019-2023 yaitu "Mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing". Selanjutnya, diimplementasikan ke dalam 11 Program Unggulan yang telah ditetapkan.

"Musrenbang 2020 lebih diarahkan melanjutkan betonisasi jalan lingkungan, pengembangan kawasan wisata, penyelenggaraan pesantren ramadhan, penataan angkutan umum dan program peningkatan sarana prasarana lainnya serta membangun kampung tematik dalam pengembangan ekonomi lokal masyarakat berdasarkan potensi wilayah," terang Mahyeldi.

Ditambahkannya, dalam menyusun perencanaan sangat dibutuhkan data yang lengkap, akurat dan up to date. "Dengan data kita dapat melihat potret kecamatan dari berbagai sisi dan aspek, seperti kondisi infrastruktur dan fasilitas yang ada serta kondisi sosial masyarakat," tukasnya.

Sementara, Camat Padang Utara, Editiawarman mengungkapkan, tujuh kelurahan di kecamatan Padang Utara akan  membawa usulan dari hasil rembuk warga. Sebelumnya akan dibahas sesuai bidang yaitu sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat. 

"Bidang yang dibahas kali ini adalah sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat. Dimana disinkronkan dengan visi misi Walikota dan Wakil Walikota terpilih," ujarnya.

Editiawarman menyebut, meskipun tidak semua usulan dari hasil  Musrenbang bisa diakomodir, namun masih ada cara lain yang dapat dilakukan untuk melaksanakannya. Diantaranya nanti pelaksanaan bisa melalui pokok-pokok pikiran anggota DPRD.

"Jadi masyarakat tidak perlu berkecil hati jika usulan-usulan belum dapat diakomodir karena bisa dilaksanakan melalui pokok-pokok pikiran anggota dewan," tukasnya.

Musrenbang ini dihadiri Kepala Bappeda Medi Iswandi, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) serta diikuti para lurah dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) serta elemen lainnya. (Zal/hms)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan